Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Belajar dari Barcelona

12.41 Ecky Agassi 2 Comments Category :

Bismillah.


Dalam kompetisi olahraga ada yang namanya fair play, dan sepakbola bukan pengecualian.

Pada akhir Agustus kemarin, kita diajarkan kembali tentang apa itu sepakbola dan fair play dari tim Barcelona U-12. Hari itu adalah final turnamen U-12 Junior Soccer World Challenge 2016 dan Barcelona (Spanyol) menang 1-0 dari Omiya Ardija (Jepang)

Tak larut dalam kemenangan, tim Barcelona U-12, khususnya sang kapten, mendatangi satu persatu pemain Omiya Ardija dan memberikan semangat kepada para pemain Omiya Ardija yang sedang bersedih.


Apa yang seharusnya biasa saja menjadi luar biasa karena mereka hanyalah anak-anak 12 tahun tapi sudah menunjukkan fairplay dan leadership yang hebat. Hal yang bahkan sulit kita lihat sekarang di sepakbola dewasa Indonesia yang lebih ramai dengan gontok-gontokan di dalam dan luar lapangan. Hal ini juga membuat saya merenung, di umur 12 tahun, saya belum bisa apa-apa, dan bahkan tidak mengerti apa itu leadership dan fairplay, tapi mereka, Barcelona U-12, mampu mempraktekannya dengan baik dan dalam level internasional. Sudah pasti mereka dididik dengan karakter, nilai, dan filosofi yang baik di akademi dan keluarganya.

Salam hormat saya kepada pelatih dan pendidik La Masia (akademi sepakbola Barcelona) yang telah mendidik generasi mudanya dengan sangat baik dan membanggakan.

Semoga sepakbola kita bisa banyak belajar dari Barcelona.

*video credit: @worldgoalz and @rldesignz’s instagram

RELATED POSTS

2 comments

  1. Saya missed game ini, tidak tahu sama sekali. Semoga orang dewasa yang demi kemenangan apa saja jadi halal bisa banyak belajar ya. Umur 12? Wah, tahu saya cuma minta dibeliin jajan. :)

    PS: Suka sekali dengan ekspresi si kapten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa ambil pelajarannya :)

      Hapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email