Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Pocket: Year In Review

20.52 Ecky Agassi 2 Comments Category : ,



Bismillah. Pada 3 Februari yang lalu, saya mendapatkan email dari salah satu aplikasi favorit saya di handphone, Pocket, dengan kata-kata sebagai berikut,

“We’re thrilled to let you know that you’re one of the top 5% of readers in Pocket for 2015! To celebrate, we've put together your very own Year in Review page with some fun stats to review and share.”
Wow, saya sangat tidak menduga bahwa saya termasuk kedalam 5% pembaca terbanyak di Pocket dari seluruh dunia selama tahun 2015. Lalu, sebenarnya apa sih Pocket itu?

Pocket adalah aplikasi untuk menyimpan artikel dari internet. Saya pertama kali mengetahui tentang Pocket dari Timmy, founder Kitabisa.com, saat saya sedang mengambil project di Rumah Perubahan pada tahun 2014. Selang beberapa waktu, karena penasaran dengan fungsinya, saya pun menginstallnya di handphone saya, and i’m a big fan of Pocket since then.

Dengan Pocket kita bisa menyimpan laman internet untuk dibaca nanti. Misalnya kita menemukan artikel menarik entah itu di Facebook, Twitter, ataupun tempat lain, tapi pada saat itu kita tidak memiliki cukup waktu untuk membaca, simply save it in Pocket. Ketika kita sudah memiliki waktu luang, kita dapat membuka aplikasi Pocket lalu membaca apa yang sebelumnya sudah kita save. Artikel yang kita save bisa kita berikan tag, misalnya inspirasi, komputer, desain, dll, sehingga kita bisa menyusun koleksi artikel kita dengan lebih rapi.

Baru-baru ini Pocket mengeluarkan fitur baru yaitu rekomendasi dan following dimana kita bisa mem-follow akun yang menurut kita menarik dan menerima rekomendasi artikel dari orang yang kita folllow, and vice versa. (Sebenarnya saya kurang suka dengan fitur tersebut karena membuat Pocket kehilangan pegangan atas core competence-nya, but for you who loves social-related apps, that’s that).

Selain fitur utama diatas, salah satu yang saya sangat suka dari Pocket adalah email newsletter-nya. Secara berkala kita akan dikirimkan newsletter berupa kumpulan artikel yang sedang hangat di internet. Newsletter Pocket banyak memberikan artikel menarik sehingga membuat kita memilik stok bacaan yang cukup.

Sebenarnya ada sisi negatif juga dari Pocket, misal saya masih gampang save artikel ke Pocket namun artikel tersebut enggak dibaca-baca sehingga banyak sekali artikel yang menumpuk di Pocket, haha :D.

Cukup sekilas tentang Pocket, berikut adalah beberapa screenshoot dari laman statistik saya di Pocket


  ((give yourself a pat on the back)) *pukpuk*
Sebenarnya belum semua (banyak) artikel tahun 2015 yang belum saya baca sehingga mungkin enggak akan sampai 21 buku, namun setidaknya lumayan sebagai penambah nilai mengingat masih sedikitnya buku yang saya baca di tahun 2015.

Dan ini adalah 5 topik yang paling banyak saya save di Pocket, dengan beberapa artikel menarik seperti dibawah ini,
Dan begitulah my year in review in Pocket. Semoga saya bisa terus meningkatkan minat belajar dan membaca saya dengan lebih baik lagi.

Keep foolish, keep learning, and keep reading. Selamat membaca :)

--
Ecky,
Kendari, 5 Maret 2016

RELATED POSTS

2 comments

  1. Kerennyaa ❤
    Semangat terus ya dear :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih keren kamu ah ❤ hehe
      Makasi ya sayang, sama-sama semangat :)

      Hapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email