Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

What Wikipedia Means to You

06.44 Ecky Agassi 10 Comments Category : ,

Bismillah.



Beberapa hari yang lalu, ketika saya sedang mencari sesuatu di Wikipedia, saya disapa oleh sebuah banner yang bertuliskan, “It’s Wikipedia’s 15th birthday! Tell us what Wikipedia means to you”. Membaca banner tersebut membuat saya sedikit terdiam dan berpikir, lalu pikiran saya membawa saya ke ingatan masa lalu tentang Ensiklopedia.

Ketika masih anak-anak, saya sangat suka membaca, membaca apapun. Saya membaca komik dan majalah, novel serta cerpen, koran hingga ensiklopedia. Pernah saya mengisi waktu sore saya dengan duduk di teras, membaca buku paket sejarah, tak peduli bahwa buku tersebut bukan buku paket untuk kelas angkatan saya. Saya suka duduk-duduk di lantai rumah kakek saya, membaca koran Pos Kota. Berita olahraga dan komik cepot adalah bagian favorit saya.

Saya ingat, ada masa dimana saya sering main ke rumah salah satu tetangga saya. Tetangga saya memiliki Ensiklopedia tebal berbahasa Indonesia yang waktu itu saya anggap sangat keren. Saya suka mampir ke rumahnya hanya untuk membaca Ensiklopedia. Bahkan ketika tetangga saya sudah pergi main keluar, saya tetap ada dirumahnya untuk melanjutkan membaca. Saat itu, rasa ingin tau saya akan dunia lewat Ensiklopedia melebihi rasa malu saya duduk di rumah teman saat teman saya tidak ada :D

Salah satu alasan saya suka membaca adalah karena rasa ingin tau saya yang besar, jadi kehadiran Wikipedia bagi saya adalah anugerah. Bahwa ada tempat dimana informasi dan ilmu pengetahuan dikumpulkan dalam satu wadah yang mudah diakses. Tanpa wikipedia mungkin saya tak akan tau bahwa di dunia ini pernah ada Romawi Barat dan Romawi Timur, bahwa ternyata 7 Wonders of the Ancient World berbeda dengan 7 Keajaiban Dunia yang ada di Atlas anak 90an. Mungkin saya tak akan tahu sejarah Palestina versi ensiklopedia dan kapan Intifadhah pertama terjadi. Mungkin saya tak akan tau kenapa ada permen namanya Fisherman’s friend, kenapa ada minyak yang diambil dari ikan paus, dan hal-hal lain, termasuk hal yang absurd, yang sulit ditemukan jika tidak membaca Ensiklopedia.



Ensiklopedia, baik online maupun offline, akan selalu menjadi salah satu buku favorit saya. Menjadi jendela dunia yang memberikan pengetahuan-pengetahuan baru bagi diri kita.

Agaknya akan terlalu panjang bagi saya untuk mendeskripsikan Wikipedia, but to sum it up,

Wikipedia is a gift for my youthful curiosity

Terimakasih Wikipedia :)

--
Ecky,
Kendari, 21 Januari 2015
*picture from id.wikipedia.org

RELATED POSTS

10 comments

  1. Wikipedia setahu saya jadi rujukan utama saya dalam mencari sesuatu, karena ketika mencari sesuatu di Google halaman2 yang teratas larinya juga ke wikipedia.. hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wikipedia memang bisa menjadi rujukan dalam berbagai hal :)

      Hapus
  2. salah satu dosen saya pernah bilang kalau sumber dari wikipedia belum bisa dipastikan, relevan atau ngga. tapi saya masih sering comot dari situ :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk rujukan akademis yang ketat, Wikipedia memang perlu di-cross check ulang karena isi Wikipedia bebas disunting. Tetapi untuk rujukan informasi casual, saya rasa Wikipedia masih reliable :)
      *tips: ambil footnote artikel Wikipedia sebagai rujukan lebih lanjut

      Hapus
  3. Wikipedia sebagai tempat buat dapet jawaban :))

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email