Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Inter dan ICC 2015

09.26 Ecky Agassi 8 Comments Category :

Bismillah.


Sebelum musim baru dimulai biasanya tim-tim sepakbola akan melakukan pemusatan latihan yang dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan untuk “memanaskan mesin”. Kadangkala pertandingan persahabatan dilakukan dalam bentuk turnamen yang sekaligus bermanfaat sebagai marketing tim ke negara-negara tujuan.

Sebelum memulai musim 2015/2016, Inter ikut tur pra musim di Cina dalam kompetisi International Champions Cup atau ICC 2015. Kesempatan ini sangat bermanfaat bagi club yang ikut karena berguna untuk melebarkan sayap di pasar Asia yang merupakan emerging market potensial untuk fans baru.

Pada pertandingan pertama saya tidak sempat nonton karena sedang diluar. Dari berita yang saya baca Inter melawan Bayern dalam pertandingan yang tidak seimbang (Bayern lebih unggul) dan diakhiri dengan skor 1-0 untuk Bayern. Nevermind, it’s just friendly.

Pada hari Sabtu, 25 Juli 2015, Inter melakukan pertandingan kedua melawan sepupunya yaitu Milan. Saya excited menunggu pertandingan ini karena selain Milan adalah musuh bebuyutan Inter, saya penasaran dengan aksi-aksi pemain baru Inter seperti Kondogbia dan Murillo, serta aksi pemain lama seperti Kovacic yang pada training pra musim diplot sebagai regista (deep lying playmaker).

Sayangnya, pertandingan hari itu tidak seperti yang saya harapkan. Inter sama sekali tidak menurunkan tim utamanya. Tidak ada satupun, sekali lagi, tidak ada satupun pemain inti dari first team yang Inter turunkan sebagai starter. Inter menurunkan Carrizo; Santon, Andreolli, Popa, Nagatomo; Gnoukouri, Taider; Baldini, Delgado, Dimarco; Longo, sebagai starter. Melihat starter pertandingan seperti itu mungkin kita akan bertanya dalam hati, ini tur pra musim tim inti atau tim primavera?

Saya sangat paham bahwa beberapa hari sebelumnya Inter baru melakukan pertandingan melawan Bayern dan kemungkinan kelelahan, ditambah lagi pada hari Senin, Inter akan melakukan pertandingan ketiga melawan Madrid. Rotasi sangat diperlukan karena melakukan tiga pertandingan dalam seminggu sangat melelahkan ditambah dengan pemain yang masih belum fit sepenuhnya. Namun manajemen Inter mestinya juga paham bahwa ini adalah kesempatan bagus untuk melakukan marketisasi club. Pertandingan yang bagus dengan pemain-pemain inti adalah hal yang ditunggu fans Inter –yang sudah membayar tiket—maupun yang menonton di televisi. Selain itu tim yang bagus juga bermanfaat untuk menggaet fans potensial, common sense kita adalah fans pasti lebih tertarik dengan tim yang bagus dibandingkan tim yang jelek.

Seperti yang bisa diduga, pertandingan berjalan dengan Milan, yang menurunkan tim regulernya, lebih banyak menyerang Inter. Inter baru mulai memasukkan pemain intinya pada menit ke-59, namun itu tidak memberikan hasil karena di akhir pertandingan Inter kalah 1-0 dari Milan.

Setidaknya ada dua tujuan utama turnamen pra musim seperti ini. Pertama adalah untuk pemanasan menjelang musim baru, kedua adalah untuk melakukan pemasaran tim ke pasar baru. Namun agaknya Inter lupa terhadap tujuan kedua yaitu untuk melakukan pamasaran club di pasar baru, dan pertandingan ini adalah contoh masih lemahnya Inter dalam melakukan marketisasi. Kesempatan emas ini agak tersiakan karena kita tidak disuguhi oleh totalitas tim, dengan skuad utama, yang bermain dengan hati untuk fans, dan calon fans.

Inter (followers twitter 845K) akan melakukan pertandingan ketiga pada Senin hari ini melawan Real Madrid (followers twitter 16,6M). Dari jumlah followers twitter saja kita bisa melihat ketimpangan popularitas yang amat sangat antara Inter dengan Madrid. Popularitas menjadi penting karena club bermain untuk fans, dan fans pulalah yang memberikan capital untuk club (melalui pembelian merchandise, pendapatan iklan, sponsor, dll).

Saya tak berharap banyak untuk Inter pada pertandingan ini selain berharap bermainlah dengan hati untuk fans dan calon fansmu. Forza Ragazzi.

--
Ecky, 27 Juli 2015

*picture from www.artefak.org

RELATED POSTS

8 comments

  1. Semoga Inter tokcer musim ini dengan banyaknya pembelian pemain berkualitas.

    BalasHapus
  2. Blognya keren, infonya bagus2.. :) salam

    BalasHapus
  3. Semangat buat klubnya Erick Thohir.

    BalasHapus
  4. Assalaamu'alaikum wr.wb, Ecky Agassi.. mudahan apa yang dikongsikan mendapat manfaat dan mencerahkan. Maaf baru sempat membalas kunjungan bersilaturahmi.

    Silakan sudi mengambil AWARD BERGAYA SENIDIRI sempena Ulang Tahun Ke-5 Kelahiran Blog LMGS G2 di maya pada. Semoga silaturahmi ini diberi kebaikan. Aamiin.

    https://webctfatimah.wordpress.com/2015/08/15/ct346-launching-banner-baru-lmgs-g2-ulang-tahun-ke-5-bergaya-sendiri/

    Salam sukses dari Sarikei, Sarawak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam wr wb
      Salam sukses juga ya

      Hapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email