Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Tentang Jeevastore.com

14.26 Ecky Agassi 6 Comments Category : ,

Bismillah.



Saat ini online shop sudah ada dimana-mana, dari jualan fashion sampai jualan herbal ada yang jual online. Dengan penetrasi internet dan smartphone yang tinggi serta modal yang tidak besar, sangat wajar jika makin banyak orang yang terjun ke dunia online shop, tak terkecuali istri saya.

Seperti yang sudah saya tulis di sini, istri saya dan parternya telah merintis online shop dengan brand Jeeva dari beberapa tahun yang lalu. Setelah kami menikah, saya jadi terlibat dan masuk kedalam manajemen Jeeva untuk ikut membangun dan mengembangkan bisnis ini.

Banyak hal yang ingin kami bangun bersama mengembangkan Jeeva, dari values yang dibawa, kebermanfaatan yang bisa diberikan, hingga sistem produksi dan penjualan. Dari sekian banyak PR yang harus dikerjakan, Alhamdulillah bulan ini kami berhasil launching salah satu hal yang menurut kami penting di online shop, yaitu website.

Sebenarnya website ini sudah pernah dibuat di awal keberadaan Jeeva, namun karena saat itu sistem produksi dan inventory Jeeva masih memiliki banyak kekurangan, maka website Jeeva tidak bisa dimaksimalkan. Saat itu website Jeeva saya buat menggunakan opencart, CMS (content management system) yang sebenarnya asing untuk saya, walaupun begitu saya tetap melanjutkan pembuatannya, toh saya juga bersyukur bisa belajar hal yang baru.

Bulan berganti bulan, kok rasanya sayang sekali website kami gak diberdayakan, padahal website adalah salah satu kanal yang baik untuk melakukan selling dan memperkuat branding. Akhirnya sekitar bulan Mei saya mengusulkan agar kami melakukan perombakan website Jeeva dengan core CMS Wordpress, dengan pertimbangan bahwa Wordpress sangat stabil dan fleksibel, punya banyak pengembang 3rd parties serta sumberdaya yang gratis. Selain itu saya lebih familiar dengan Wordpress sehingga saya bisa lebih bisa membantu secara remote (saat ini saya LDRan dengan istri).

Saya mengerjakan website jeeva terutama disela-sela waktu kantor serta saat weekend di kosan. Istri saya kurang paham mengenai devepoping website dan Mbak Deeje serta suami sedang berada di Jepang, sehinnga saya diberikan keleluasaan untuk menentukan detail-detail dalam pembuatan website Jeeva. Hal utama dan pertama yang harus dilakukan dalam membuat website Jeeva adalah memilih themes, karena saya bukan programer yang bisa membuat themes sendiri :P. Themes akan digunakan secara long term sehingga memengaruhi branding secara keseluruhan (ditambah saya yang sangat picky jadi proses ini memakan waktu yang lama haha). Setelah themes dipilih, diaplikasikan, dan disetting detailnya, saya harus melakukan desain visual agar website memiliki visual indentity yang baik.

Tahap selanjutnya adalah memasukkan produk-produk. Istri saya melakukan pemotretan di Depok lalu mengirimkan kepada saya untuk diolah. Pemotretan biasanya dilakukan di tempat-tempat umum seperti Masjid Walikota Depok atau Universitas Indonesia. (Suatu ketika ada teman saya bertanya, “fotonya di studio ya?”, padahal foto dilakukan di pelataran Masjid Walikota Depok, hehe). Pengolahan ini cukup memakan waktu dan memerlukan perhatian pada hal-hal detail karena banyak foto memerlukan perlakuan yang berbeda. Pengolahan diusahakan dapat menghasilkan foto yang terlihat bagus, memiliki tone yang menarik, namun tetap memertahankan warna produk agar sesuai dengan aslinya (tentu kami tak ingin customer kecewa :) ).

Sekitar sebulan pembuatan dan pengembangan, Alhamdulillah websitenya selesai. Berhubung saat itu menjelang Ramadhan, launching website kami sandingkan dengan promo welcoming ramadhan sale.



Saat ini website sudah bisa diakses, memiliki fitur quick view, keranjang belanja, kupon diskon, blog, dll sebagaimana website e-commerce standar. Untuk kanal pembayaran, saat ini website Jeeva belum mendukung pembayaran melalui kartu kredit karena perlu pengembangan lebih lanjut, tapi untuk sementara kami pikir ini sudah cukup.

Saya sangat bersyukur walaupun tim kami berjauhan, kami bisa menghandle website ini bersama-sama. Istri saya di Depok menghandle data inventory, staff administrasi Jeeva di Depok menghandle pesanan, Mbak Deeje (bersama suami) di Jepang menghandle internet marketing. Selain itu saya juga bersyukur bahwa, Mas Hadi, suami Mbak Deeje yang juga berada di Jepang, adalah seorang programmer. Mas Hadi sangat membantu dalam maintenance website Jeeve terkait programming dan aplikasi. Untuk saya sendiri, yang bekerja di Makassar, menghandle maintenance dan UI (user interface) serta UX (user experience) website Jeeva. Dibalik itu semua, saya dan istri masih full bekerja di kantor masing-masing, Mbak Deeje tinggal di Jepang dan Mas Hadi bekerja sebagai programmer. Berwirausaha sambil bekerja memang sulit karena kami harus bisa menyisihkan waktu, walaupun begitu hal ini tidak menyurutkan keinginan kami untuk mengembangkan Jeeva.

Jeeva adalah start up entrepreneur yang masiiih sangat kecil. Kadangkala saya berpikir, online shop kecil jarang melakukan transaksi menggunakan website, social media pun cukup, why bother? Entahlah, saya berpikir bahwa ini adalah hal yang perlu dilakukan jika ingin berkembang. Kami ingin Jeeva menjadi brand yang maju, different, helping, dan memiliki values untuk dibawa.

Teman-teman pembaca bisa mengunjungi website kami di www.jeevastore.com. Saran dan masukan sangat kami terima untuk pengembangan Jeeva. Semoga kedepannya website Jeeva secara khusus dan Jeeva secara umum bisa lebih baik lagi. Menjadi brand yang tidak hanya mengejar keuntungan, tapi juga memiliki values yang bermanfaat. Doakan ya :D

--
Makassar, 16 Juni 2015

RELATED POSTS

6 comments

  1. Udah asyik tuh web olshop, sukses terus, jangan lupa sedekahnya. :D

    BalasHapus
  2. Inilah salah satu manfaat internet ya, bisa kerja bareng dengan ruang dan waktu yang berbeda.
    Semoga laris manis.

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email