Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Kontemplasi

15.47 Ecky Agassi 13 Comments Category : , ,

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum wr wb


Pada bulan Oktober 2011 lalu, saya mengikuti Leadership Training Forum Indonesia Muda (FIM) XI di Cibubur. Proses mengikuti pelatihan tersebut cukup berliku karena jadwal FIM XI ternyata bentrok dengan jadwal UTS IPB. Saya dan teman-teman lain yang bentrok ujian tengah semester (UTS) harus meminta izin kepada pihak-pihak terkait khususnya dosen agar dapat diizinkan ikut FIM XI dan melakukan ujian susulan. Izin tersebut tidak mudah (walaupun ternyata tidak sesulit yang ditakutkan), dari tujuh ujian, saya izin di empat ujian. Di Departemen saya (Ilmu Ekonomi), UTS susulan biasanya dilakukan setelah UAS, dan karena tiga dari empat ujian susulan saya adalah mata kuliah mayor dari IE, maka saya mendapatkan tiga ujian susulan yang harus dilaksanakan setelah UAS.
Ternyata, pekan UAS semester tujuh saya adalah pekan dimana saya harus melakukan ujian terbanyak selama saya kuliah sampai saat ini. Dari tujuh mata kuliah, ada delapan ujian yaitu enam ujian biasa, satu ujian take home (sebenarnya saya sudah mendapatkan A dari tugas, tapi tetap harus mengerjakan ujian take home), serta satu ujian responsi. Dari delapan ujian tersebut harus ditambah tiga ujian susulan yang dilaksanakan berturut-turut, jadilah saya mendapatkan sebelas ujian di pekan UAS semester tujuh.

Sebagaimana pekan-pekan ujian, pekan ini adalah pekan yang berat, dan karena saya adalah mahasiswa yang masih melakukan praktek SKS (sistem kebut semalam), jadilah saya tambah seperti orang yang siklus hidupnya tidak teratur dan sempat merasa disorientasi (oke ini berlebihan, tapi sedikit mendekati). Satu persatu ujian dijalani, sampai ujian normal selesai, dan saya harus menjalani ujian susulan. Melihat orang-orang sudah bebas, saya masih menjalani ujian.

Pada salah satu ujian susulan, saya sempat merasa tidak yakin atas hasil ujian tersebut, sampai terbayang-bayang nilai-nilai saya yang mungkin turun dari semester lalu. Sempat berpikir.., yasudahlah..toh sudah ikut FIM, nilai turun mungkin bisa terkompensasi dengan saya ikut FIM dan mendapatkan manfaat darinya. Memang, terkadang saya (terlalu) melihat hal dari sisi-sisi negatif yang mungkin terjadi, ini menjadi buah simalakama, antara hati-hati dengan terlalu pesimis. Semoga saya bisa me-manage hal ini dengan baik.

Pada akhirnya, semua ujian tersebut terlewati. Saya cukup berjuang untuk melewatinya, dan setelah itu adalah saatnya berdoa dan bertawakal untuk hasilnya.

Hari-hari berlalu, dan nilai-nilai mulai bermunculan. Sampai pada akhirnya semua nilai keluar, Alhamdulillah, puji dan syukur kepada Rabb yang Maha Baik, untuk pertama kalinya saya mendapatkan IP3,92. Ternyata usaha dan doa saya tidak sia-sia. Pesimisme saya tidak terbukti.

Allah Maha Baik, memberikan karunia bahkan saat hambanya mungkin berprasangka tidak baik. Saya sering lupa bahwa Allah sebagaimana prasangka hambanya. Mungkin ini The Law of Attraction dalam dimensi Islam ya. Ini adalah karunia, dan mungkin merupakan teguran, bahwa kita tak boleh berhenti berharap kepada Allah.

Dulu pun, saat saya gagal masuk FIM X, saya sedih, tapi ternyata Allah memutuskan saya masuk di FIM XI, dan akhirnya saya merasa, mungkin momen FIM XI lebih tepat untuk saya jika dibandingkan saya ikut FIM X. Walaupun berat, ternyata hasil dari FIM XI tidak mengeleminasi hasil baik yang bisa didapatkan di kuliah.
Dalam hal ini saya memang masih belajar untuk menerima keputusan-keputusan dalam hidup, tapi sedikit demi sedikit semoga saya bisa terus mengerti.

Allah Maha Baik, semoga kita tak pernah berhenti berharap kepada-Nya.

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-RAhman [55]: 13) 

--
Ecky Agassi
9 Februari 2012

RELATED POSTS

13 comments

  1. Subhanallah, Ecky Agassi, kamu keren sekali! Selamat ya buat IP 4 nya. Semoqga berkah :D

    BalasHapus
  2. @vina, goiq
    makasi vina, goiq, aamiin, semoga berkah :)

    BalasHapus
  3. Tetap semangat berjuang!!!

    IP 4. Muantafff :D

    BalasHapus
  4. Ip 4? Gokillll? Ujian makan apaan? Ngerendem buku?
    *sembah sembah*

    BalasHapus
  5. halooooo,

    sudah perlu update update ;)

    BalasHapus
  6. @bookmark asia
    haha, iya nanti diupdate, makasi udah mampir om :)

    BalasHapus
  7. keren.. ujian susulan tapi IP malah 4. Semester depan susulan lagi ya hihi..

    Salam dari alumnus FIM IV (kalau ga salah wkwkwk..) dulu di Cibubur sayah, jaman Defrizal yang komandan FIM nya dari UNJ..

    Alhamdulillah, saya dapat IP 2.75 waktu itu hihi

    BalasHapus
  8. @bang unggul
    ayo bang aktif Fim lagi :D
    btw, makasi ya :D

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email