Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Pemuda dan Youth Empowerment

22.38 Ecky Agassi 6 Comments Category : ,

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum wr wb


Pemuda dan Youth Empowerment
oleh: Ecky Agassi

Pemuda adalah generasi penerus, generasi yang memiliki potensi luar biasa untuk mengakselerasi masa depan suatu bangsa. Pemuda adalah generasi yang begitu menggelora, haus akan perubahan serta semangat kebangkitan. Pemuda memiliki modal yang diperlukan untuk melakukan pergerakan, karena pemuda memiliki kekuatan dalam asas, konsep, metode, persatuan, dan sikap perjuangan, serta kekuatan dalam membentuk aksi dan opini. 

Pemuda, dengan segala potensinya, sangat berperan bagi kemajuan suatu bangsa. Secara empiris, pemuda memiliki peran yang sangat signifikan dalam setiap episode perjuangan dan transformasi bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, Proklamasi 1945, revolusi 1966, hingga reformasi 1998, tidak lepas dari peran aktif pemuda dalam memperjuangkan perubahan. Bangsa ini adalah bangsa yang bergerak dan bergelora karena semangat perubahan para pemudanya.

Semangat perjuangan pemuda ini bisa kita mulai dari diri sendiri. Sebagai pemuda yang berstatus mahasiswa, tentu tujuan utama kita adalah mengikuti pendidikan formal dan mendapatkan nilai yang baik. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara. Tetapi di era globalisasi sekarang ini, kesempatan untuk bergerak dan berkembang juga terbuka di luar kelas, salah satu yang sedang marak adalah gerakan youth empowerment (pemberdayaan pemuda). Gerakan ini bergerak dalam berbagai bidang, mulai dari gerakan kepemimpinan, gerakan cinta lingkungan, sampai gerakan anti korupsi. Gerakan-gerakan ini tentu merupakan gerakan positif yang bermanfaat bagi pemuda dan lingkungan sekitarnya. Gerakan-gerakan riil yang dimulai dari bawah, mungkin terlihat kecil, namun jika terakumulasi akan menjadi gerakan masif yang dapat memberikan manfaat yang signifikan. Bukankah sangat luar biasa jika Indonesia memiliki ratusan ribu, atau bahkan jutaan pemimpin muda, pemuda pecinta lingkungan, para entrepreneur muda, dan lain sebagainya? 

Dengan waktu yang ada sebagai mahasiswa dan kesempatan yang terbuka luas, agak sayang rasanya jika kita sebagai mahasiswa tidak mencoba untuk terjun dan mulai belajar untuk berkontribusi. Sebagai mahasiswa, youth empowerment merupakan salah satu gerakan yang bisa kita ikuti ikut menempa diri, belajar berkontribusi, dan mengabdi. Bukankah bangsa ini butuh para pemuda yang siap berkontribusi?

Youth empowerment mungkin bergerak pada bidang yang berbeda-beda. Namun pada ujung simpulnya, semoga kita menemukan satu titik fokus yang sama, bahwa kita bekerja untuk Indonesia. 

Penulis adalah mahasiswa ilmu ekonomi angkatan 45

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dimuat pada Orange Magazine edisi ke-3

Artikel ini ditulis untuk call of article Orange Magazine edisi ke-3, majalah BEM FEM IPB, bisa disebut sebagai majalah BEM terbaik di IPB, bahkan lebih baik dari BEM KM IPB :)
Sebenarnya agak aneh juga menulis untuk call of article Orange Magazine karena saya menjadi senior editor di majalah tersebut, hehe, tapi gpp, karena memang peminatnya cuma sedikit :(

Artikel ini ditulis sangat singkat, karena memang batasnya hanya 300 kata, namun karena merasa 300 kata masih kurang, saya menulis artikel tersebut lebih dari 300 kata, itupun sudah dipadet-padetin, hehe, tapi walaupun kurang elaborasi, semoga pesan yang disampaikan pada artikel tersebut sampai kepada para pembaca. Oke, mungkin lain kali saya akan menulis beberapa hal tentang Orange Magazine.
Terima kasih atas waktunya, happy blogging :) 

-Ecky Agassi
5 Desember 2011
*foto berjudul "i'm Indonesian", diambil dari indonesia.deviantart.com

RELATED POSTS

6 comments

  1. Ini orang magazine atau orange magazine Eck?

    Ohya apa kabar FIM ya? Dulu pas kul saya ikutan FIM ke 6 kalau ga salah :P

    BalasHapus
  2. @bang unggul
    Orange Magazine bang, karena fakultas saya tema warnanya jingga :D, itu di artikelnya sebelumnya banyak typo, hhe

    wah senor FIM nih, alhamdulillah FIM masih eksis dan diikuti oleh para pemuda yang penuh semangat membangun bangsa bang, kapan-kapan main lagi lah di FIM bang :D

    BalasHapus
  3. wow.. cool..

    congrats ya, tulisannya tampil di majalah.. hihihi..

    BalasHapus
  4. oh wowww. jadi youth empowerment itu pemberdayaan pemuda yg lingkupnya macem2 ya? bergerak di seputar kampus sajakah?

    BalasHapus
  5. @bang brad
    lingkupnya macem-macem bang, dan gak hanya seputaran kampus aja tapi juga banyak yang bergerak langsung di masyarakat :)

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email