Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Mengenal Lebih Dekat : Aggregator Blog

10.54 Ecky A. 2 Comments Category :

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum wr wb...




Dalam ekonomi, aggregat adalah kata yang mengistilahkan jumlah keseluruhan, atau gabungan keseluruhan, misal, aggregat demand pada pasar buah, yaitu jumlah permintaan (demand) dari sebuah pasar yang dijumlah dari seluruh permintaan-permintaan dalam pasar buah tersebut.

Aggregator, dalam hal ini aggregator blog (aggregator blog dikenal juga dengan nama planet), tidaklah jauh berbeda dari pemahaman diatas. Aggregator blog adalah sebuah situs yang menampilkan postingan-postingan dari para kontributornya. Misal, saya memposting sebuah tulisan pada blog saya, dan saya terdaftar sebagai kontributor pada sebuah blog aggregator X, maka tulisan saya akan muncul tidak hanya pada blog saya, tetapi juga pada aggregator blog, (otomatis atau tidak sebenarnya tergantung dari settingan aggregator).

Aggregator blog (planet) biasanya bersifat tematik dan berkomunitas, misalnya planet terasi aggregator blog untuk para penulis di bidang IT, planet EL02ITB aggregator blog anak teknik elektro ITB, planet eltama aggregator blog untuk dosen politama, planet sukoharjo, aggregator blog untuk warga sukoharjo, dll




Apa keuntungan-nya?

Lebih menghemat waktu, karena anda bisa langsung mengikuti perkembangan dari sebuah komunitas atau tema, anda tak perlu mengunjungi blog yang ada dalam planet satu-persatu.
Dapat lebih mudah mengetahui perkembangan dari sebuah komunitas atau tema.
Menciptakan sebuah komunitas
Dan lain-lain.

Lalu, apakah blog saya nanti menjadi sepi?
Hmm..bisa jadi, tapi hal ini bisa diantisipasi dengan mengatur beberapa settingan dalam aggregator, misal, jika anda ingin berkomentar pada salah satu postingan di planet, anda harus mengunjungi blog aslinya dan berkomentar disana karena fitur komentar pada planet dimatikan.

Saya rasa cukup untuk perkenalannya, tidak ribet kan? (walaupun dalam pembuatan aggregator blog, saya cukup pusing dibuatnya,hhe)
Jika masih ada pertanyaan, silahkan tulis komentar anda. :)


-Ecky-
Minggu, 22 Maret 2010

RELATED POSTS

2 comments

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email