Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Happy 3rd Anniversary

11.41 Ecky A. 7 Comments Category : ,

بسم الله الرحمن الرحيم



"Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya"
— Imam Ali


Assalamu'alaikum wr wb...

Desember 2006, sudah lebih dari tiga tahun, ketika saya pertama kali memposting tulisan di blog ini. Berbagai macam tulisan telah diposting, dari yang tidak jelas, lumayan jelas, curahan hati, sampai topik hangat yang sedang dan mungkin sudah terjadi. Sampai sekarang (Senin, 1 Februari 2010), telah ada 101 postingan termasuk postingan ini yang telah dipost. Jumlah yang termasuk sedikit, apalagi, tidak semua yang diposting adalah tulisan sendiri.

Dari tahun ke tahun, ada diminishing (penurunan) dari jumlah artikel yang telah diposting, dan belakangan ini blog ini juga jarang diupdate. Kenapakah? Hmm..mungkin karena memang saya yang sedang malas menulis, dan perlu diakui juga bahwa kepopuleran jejaring sosial facebook dan situs micro blogging twitter memiliki peran. Perhatian saya ke blog ini menjadi benar-benar berkurang.

Dari waktu yang telah terlewati, judul dari blog ini juga berganti-ganti dan sekarang memakai judul “I look, I see”. Kata-kata itu saya ambil dari lagu Yusuf Islam yang berjudul “I look, I see”, sebuah lagu nasyid yang sangat bagus (dengarlah jika anda sempat :) ).

Dalam ulang tahunnya yang ke-2, blog ini tidak memiliki artikel tersendiri untuk membahasnya, sebenarnya saya sudah punya keinginan untuk membuatnya, tetapi akhirnya gak kesampaian. Untuk sedikit ber-flashback , mari kita lihat salah potongan dari postingan happy 1st anniversary dari blog saya :)





Sedikit berflashback, postingan pertama lahir dengan judul “the unofficial last series of doraemon”, yang bisa dibilang hanya menjiplak-plak-plak postingan Bang Radon. Selama satu bulan awal, postingan lain banyak bermunculan, di bulan pertama blog ini lahir (yang juga bulan dimana postingan terbanyak lahir yaitu 24 postingan), semangat untuk nge-blog begitu terasa, walaupun bisa dibilang dari 24 postingan di bulan Desember 2006, hanya sekitar 7 postingan yang bisa dibilang, hasil tulisan sendiri.

Sampai bulan November 2007, telah terdapat 62 postingan, yang jika dibagi 11(bulan), akan didapatkan hasil 5.6363636363636363636363636363636… postingan per bulan. Terlihat lumayan? Tapi dalam 5.6363636363636363636363636363636… postingan per bulan itu, terdapat postingan hasil copy-paste, hampir copy-paste, postingan gak jelas (postingan foto saya bersama adik saya contohnya), dan postingan pendek. Bahkan pada bulan Januari dan Agustus 2007, temen-temen tidak akan mendapatkan satu pun postingan. Dengan berbagai fakta tersebut, blog saya terasa belum begitu maksimal.


Ya memang, blog ini jadi terasa kurang maksimal dengan kurang produktifnya saya dalam menulis, walaupun dari waktu ke waktu sampai sekarang, saya sudah melihat banyak dari teman saya yang membuat dan meramaikan ranah blogosphere. Bagaimanapun, blog adalah sarana, sarana yang relatif mudah menurut saya, untuk menuangkan gagasan, pemikiran, dan pengaruh lewat tulisan ke ranah publik. Sebagai sarana, sang pengguna sarana itulah yang paling berperan.

Semoga, dengan semakin bertambahnya umur dari blog dan pemilik blog ini, kualitas blog ini akan semakin baik dari waktu ke waktu. Memberikan manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain.


Happy 3rd Anniversary :)

-quote source : goodreads.com

RELATED POSTS

7 comments

  1. wahhh,, happy 3rd anniversary ya, blog EQ
    smoga bisa eksis di dunia maya ahmad,, lho??
    hehehhe

    gw bahkan dah lupa kapan tepatnya menciptakan blog,, dan gak kepikiran buat bikin gini2an,, hahhaa
    nais naiss,,

    BalasHapus
  2. @fajri hhe, makasi jri :D, nt bikin juga aja yang kayak gini,hehehe :D
    thanks dah berkunjung dan komen yaa :)

    BalasHapus
  3. gimana cara ngeliatnya sih emang??
    maksudnya cara liat pertama kali kita buat nih blog...

    BalasHapus
  4. :D happy anniversary yaaa Q...

    BalasHapus
  5. @fajrie liat aja post kita yang pertama kali jrie?hhe

    @dea makasi ya dea :D hhe

    BalasHapus
  6. wew. 62/11 = 5.636363636363636363636...
    nice bgt

    BalasHapus
  7. @aslih wah,nt merhatiin angka itu slih?an aja gak terlalu merhatiin, hhe :D btw, makasi dah mau mampir dan komen slih :)

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email