Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

apa salah saya nangis karena tukang jualan eskrim woody?

09.25 Ecky A. 10 Comments Category : ,

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum wr wb

Update :
ini ada thread bagus di kaskus dengan judul Ngebakar semangat bgt gan abis ngeliat ini!!! (link: http://k*sk.us/1846463) dari user ID go1988 ,saya merekomendasikan anda untuk melihat threadnya. :)



Artikel ini diambil (dengan izin dari TS, kaskuser dengan user ID vidybidy) dari thread kaskus. (dengan sedikit editan)


bersyukurlah para kaskuser, masih banyak yang "dibawah" kita..

tadinya thread ini judulnya "apa salah saya nangis karena tukang jualan eskrim woody? " tapi ane ganti, karena ane pengen kaskuser sekalian lebih berempati terhadap kasus2 pedagang yang seperti ini..

bon, cekidot

agan2 sekalian tau es krim woody?

nah, begini permasalahannya. ada satu bapak yang jualan woody di fakultas ane. nah itu bapak biasa ngider2 deh di fakultas ane. nah kejadiannya begini: kemaren, ane lagi nangkring di depan fakultas sebelah fakultas ane, nunggu ujan reda. ujannya dereees parah banget. tiba-tiba, itu bapak muncul! dengan cuma sebuah topi usang, dia nyebrang dari fakultas ane dan datengin gedung ditempat ane lagi duduk-duduk, terus dia nawarin aja gitu loh ya!

"es es es es es"

ga tau kenapa gan, ane langsung tersentuuuh banget dengan kejadian itu.. ane ngebayangin, itu cooler box pasti berat, isinya sedikit, dan dengan harga per eskrim yang paling mahalnya cuma 4ribu, bisa ane hitung kalo selaku-lakunya dia, dia bisa cuma dapet 50ribu lah sehari.. dan tahun ini, musim kemaraunya mulai bulan juni. agustus udah bulan puasa. ane sedih ngebayangin pendapatan si bapak ini gan.. dan akhirnya, setelah (jelas aja) ga ada yang beli (kan dingin banget gan, wong lagi ujan deres) kan bapak itu pergi tuh gan, masih di tengah2 ujan deres itu.. nah abis bapak itu pergi, ane nangis gan..

waktu itu ane lagi sama seorang temen.. ane ampe nanya, "duh salah ga sih gue nangisin ginian??" rasanya pengeeen banget membantu bapak itu, pengeeeen ngasih duit ke bapak itu, 50ribu juga boleh deeh tapi ya gimanaaa? masa ane beli eskrim di siang2 dingin gitu.. lagipula ane lg sakit..

mungkin agan2 ada yang menilai LEBAY, tapi ini beneran terjadi.. mungkin benar ane terlalu sensitip, tapi dari dulu masalah pedagang2 ane memang selalu begini gan.. kasihan banget membayangkan mereka ga laku dagangannya, lalu balik ke rumah dengan tangan kosong sementara anak istrinya minta makan dan dia cuma bisa jawab "dagangan bapak GA LAKU nak, udah musim hujan.."

apaa yang bisa ane perbuat?
ane cuma bisa bersyukur akan hidup ane, gan.. yang TERNYATA jauuh lebih beruntung daripada bapak2 itu..

setelah menilik komen agan2 yang baik baik, ane juga berpendapat bahwa kita juga harus berempati terhadap pedagang.. bayangin aja mereka jualan di siang2 terik disaat kita lagi enak2an main leptop, entah di kampus ataupun di starbak.. terus saat kita beli dagangan, kita tidak menganggap mereka layaknya manusia.. menurut ane, senyum pun cukup untuk mengobati kelelahan mereka.. jadi, berempatilah

Quote:
Originally Posted by Prde
kyanya gue tau nih! pasti bapak es cream woody yang suka ada di FIB ui kan! dari dulu bapaknya itu selalu menebar senyum trs baik banget! klo gue ga negor duluan pasti si bapak yang nyapa gue duluan, baiiiik banget!
benar.. mukanya minta didoain banget kan?
ada juga tuh kl di fisip yg jualan bakpau..
gw jg gak tega liatnya..
pengen bantu beli tp gw gak suka bakpau..
kadang2 tmen gw jg ada sih yg suka ngasih duit gt ke dya

iya, yang ini kan gan tukang
bapaonya?

Spoiler for yang lebih kasian lagi :(:
Quote:
Originally Posted by Ade_Passau

Sama dg pengalaman saya waktu masih kuliah dijogja beberapa tahun lalu. Malam tahun baru yg kelam, terlihat seorang bapak cukup tua dg mantel plastiknya sedang mendorong sepeda yg masih penuh dengan terompet tahun baru. Tidak ada kemeriahan malam ini yg bisa mengurangi jumlahnya, tidak menyerah pula bapak menuntun dagangan itu dikegelapan malam menghilang ditelan gerimis nan sepi.
Dalam hatinya, mungkin bisa kusimpan terompet ini untuk malam tahun baru berikutnya, dan berharap hasil yg lebih baik ....
Quote:
Originally Posted by fieliciouz
kesian gan...
ane jd inget si aki [kakek] tukang kue yg suka lewat di depan rumah nenek ane..
dari jaman nyokap g kecil dia udah dagang.

sekarang udah tua banget.
kesian bawa kotak kue yg di topang di bahu itu.
jualannya bala2, kue lapis, kue lolos, jajanan tradisional gt gan.

tiap dateng pasti dia disuguhin kopi sama roti2 sama nenek ane.
kopi nya dia minum..
terus roti ato makanan kecil nya dia bungkus rapi2..taro di dalem kotak kue nya..
katanya buat orang rumah.....hiks

sedih ya gan..sekarang dia udah ga pernah lewat lagi tuh..ga tau nasibnya..><>
Quote:
Originally Posted by vicere68
di bekasi, gw paling kasian sm 3 pedagang....

1.bapak2 yang juala kue semprong, kasian banget gan..udah tua banget, kurus pula, dia jual modelnya dipapah samping gitu, dgangannya banyak banget.....rasanya sedih banget klo dia lewat, dlu sering beli, tpi skrg bapa2 itu ga pnh lewat lagi, perasaan gw ud ga enak aj ..pasti ad apa2 sm bapaknya...

2.Ni sbnernya pengamen gan, ud tua juga..pkoknay klo buat ukuran pengamen, ni orang tua banget d, dia keliling rumah, n tw dia ngamennya pake ap?....pake biola gan!!....n ad 3 hal yang bikin gw salut :

- klo pas dia brenti di satu rumah, n dia liat ad anak kecil di rumah itu, pasti dia maenin lagu anak2 kyak balonku dll...

- nah yang ke dua, bkin gw tambah salut : satu2nya pengamen yang tw diri, klo pas dia lagi dateng siang2, jam2 orang tidur, gw tw pasti org2 rumah pada kesel didatengin pengamen, soalnya berisik, tpi lo tw ga, itu pengamen ga bkal brenti di rumah yang pintunya ketutup, mungkin pemikiran dia, rumah yang ktutup itu orangnya lagi pada tidur ato mgkn pada pergi..SALUT!!...

bagi yang tinggal di perum galaxy indah, bekasi selatan, tepatnya daerah jalan pulo sirih, pasti tw sm pengamen ni....

nah skrg gw lagi kul di jogja, ad stu pedagang yang juga penegn bkin gw nangis, itu pedagang kacang rebus sm jagung gan

gw kasian liat dia gan, solanya itu orang abis kyak kena stroke gitu, ngomongnya susah, kaki sebelahnya agak kaku, jdi ga bs dgerakkin, n jualannya juga dikit, kebayang ga si gan keuntungan selama satu malem jualan kacang n jagung ntu berapa.....dtmbah lagi gw bisa ngerasain klo dia lagi kedinginan, stiap hawa lagi dingin pasti dia pake jaket...parah d gan....sedih banget liatnya...........bagi yang sring lewat STIPER yang di gang demangan, pasti tw, dia selalu mangkal di seberang indomaret dket stiper
Quote:
Originally Posted by WawanGaruru View Post
Waduh gw jg jadi inget kakek2 yg jualan tahu disekitaran rmh gw gan... dia udah jualan sejak gw masih TK...
gila gan bayangin az dia ngayuh sepeda ontelnya sekitar jarak 60Km lebih... Pernah sekali pas dia jualan trus d serempet motor gan.. smua dagangannya tumpah.. trus yg nyerempet main kabur az tanpa tanggung jawab...
Miris gw ngeliat keadaan kaya gini masih banyak bgt d indonesia...
Quote:
Originally Posted by sentimentil
ada tetangga gw suami istri yg udah tua kira2 umur 75
mereka hidup cuma berdua mereka kerjaan nya sehari2 bikin sangkar burung dari kayu/bambu.
yg bikin gw salut peralatan buat bikin sangkar itu sederhana banget
cuma modal dari pisau raut and gergaji kayu...and catok yg di buat dari bekas box speaker.
yg bikin gw sedih tiap ngobrol ma tuh kakek / nenek dari hasil pendapatan bikin sangkar burung tuh gak seberapa itu juga kalo ada orang yg beli tuh sangkar
gw sedih pas tau kalo si kakek jalan kaki dari cimahi ke pasar burung sukahaji di daerah pasirkoja bandung...hanya untuk jual sangkar burung yg di hargai 15000 rupiah..rasanya gw pengen nolong tuh kakek ma nenek tapi pake apa gw bukan orang kaya gw cuma orang yg kerja di warnet yg gajih nya pas2 buat anak istri
rasa nya gw pengen banget beliin catok yg dari besi biar si kakek kalo lagi gergaji gak lepas dari catok kayu nya.
pernah sekali waktu dia lagi gergaji gak tau nya si kayu lepas dari catok kayu trus gergaji nya kena tangan nya ampe harus di jait..
gw ampe nangis pas si nenek dateng ke rumah mau pinjem beras soal nya mereka ngga makan selama 3 hari.soal nya si kakek gak bisa bikin sangkar burung..gw denger nya ampe nangis saking sedih nya
pas kebetulan waktu itu gw masih ada sisa beras lebih gw kasih aja gak usah minjem...
sekalian gw mau promosi kalo agan2 ada yg butuh sangkar burung.
agan bisa tlp ke no gw 02292001939 si kakek tinggal nya sebelah rumah gw banget...kalo soal harga agan2 bisa nego ma si kakek nanti gw kasih alamat rumah nya...

makasih yah
Quote:
Originally Posted by MafiaSalvatore!
Ada bapa2 tua Banget dagang cilok di sd gwa,dia orangnya ramah,murah senyum,dan sederhana,dalam kondisi sudah renta dia masih semngat untuk berjuang hidup.
Yang Bikin gwa salut ama dia gan..

1.pada waktu Masuk sekolah,waktu murid2 mulai belajar,saat pedagang lain lagi asik2 Liat Anak2 yang lagi olahraga,ada juga yang main hp,apa Yang Dia Lakukan?Dia bukan sedang liat orang maen bola,buan juga asik2 maen hp,dia malahan nyapu halaman sekola,tanpa diminta,tanpa dibayar pula,tapi dia ikhlas,nggak pamrih ama orang lain..

Yang Paling Miris,Orang Lain Dagang Pake gerobak Kayu Yang Bagus,sementara bapak itu hanya mengandalkan gerobak reyot hasil menabungnya sebesar Rp 200.000,Di saat orang lain memakai Baju Mahal keluaran distro ,sementarac Bapak Itu Hanya Memakai Baju Kemeja Kusut yang sudah usang....Oh sungguh miris Rasanya Liat Bapak Itu Gan!

Tapi selama setahun ini gwa kagak ngeliat bapak itu lagi,semoga bapak2 itu masih hidup dalam kehidupan yang sejahtera.Amin ya Rabbal Alaamin

semoga semuanya diberikan rezeki oleh Allah SWT. jangan lupakan mereka ya, agan-agan semuanya. bersyukurlah atas apa yang telah Allah berikan

tambahan
Quote:
Originally Posted by vidybidy
kasian.. tadi gue beli eskrim lagi di bapaknya.. temen gue kan ada yang nanya bapak itu beli es dimana, eh ternyata kata dia di jalan raya bogor.. terus jauh dari kampus gue, naik angkot 3x.. mana mahal lagi angkotnya, buat ongkos aja kurang kali harga satu eskrim dan tadi bliau crita katanya dia udah jualan dari taun 90-an disitu, sejak harganya per-esnya masih 1500..

dan yang lebih mirisnya apa coba gan??

begitu liat satpam, beliau KABUR! karena pasti diusir sama itu satpam.. aduh Tuhan.. gue hampir nangis lagi tadi..
________________________________________
Last edited by vidybidy; 22-12-2009 at 12:43 AM..


Buat saya, thread ini cukup memberikan kesan. Saya membaca thread ini pertama kali lewat HP saya saat berada dalam kelas, dan jujur, saya sangat terharu membacanya.

Kadang-kadang, dengan melihat pengalaman dan cerita orang lain tentang keadaan sekitar, kita bisa lebih peka.

Semoga cerita ini bisa memberikan kita, saya dan anda, inspirasi untuk dapat lebih bersyukur dan peka terhadap keadaan sekitar.


-Terima Kasih kepada vidybidy dan kaskus.us, sumber : bersyukurlah para kaskuser, masih banyak yang "dibawah" kita.. (link: http://www.k*skus.us/showthread.php?t=2541203)
--
Ecky
26 Januari 2010

RELATED POSTS

10 comments

  1. wahhh,, menginspirasi sekali...
    bagus gan,, ane kasih cendol nih,,
    hahahahh

    BalasHapus
  2. thanks gan udah dimuat.. senengnya bisa bikin orang2 pada baca. hehe :D

    BalasHapus
  3. @fajri
    hhe, thanks jrie, sebenernya credit utama diberikan kepada yang buat thread, ni si vidy orangnya dateng komen :D

    @vidy
    sama2 gan,thanks juga dah bikin thread berkualitas :)

    BalasHapus
  4. waw.. gw juga pengen nangis nich baca ini doang.

    betul q, kita harus empati

    klo kita ga bisa beli / ngasi ke tukang minta-minta

    minimal kita senyum atau bilang maaf.
    memberikan energi tersendiri untuk mereka karena merasa dihargai

    atau klo kita mampu, coba jalanin ide kayak yg di film sang pemimpi

    modalin tukang minta-minta yang ga mampu (tapi beneran ga mampu)
    buat bikin suatu usaha.

    BalasHapus
  5. @aslih
    :) thanks komennya slih :)

    BalasHapus
  6. kalo saya ada kejadian sama tukang sate gan...
    umurnya yah gak terlalu beda sama saya....
    trus dia nanya "mas kuliah?"
    trus saya jawab "iya, sampean?"
    "tamat SMA saya langsung jualan sate mas, sebenarnya saya masih mau sekolah, tapi begitulah mas, saya harus bantu orang tua, mas seharusnya bersyukur dan belajar yang giat"

    saya terharu gan dinasehati kayak gitu....

    BalasHapus
  7. @thinkpositive
    thanks for share gan, iya, kita memang harus pandai-pandai bersyukur

    makasi juga udah mampir y :)

    BalasHapus
  8. ya Allah

    Jadikanlah Indonesia negeri yang aman, Makmur, sentosa, sehingga tak adalagi orang-orang yang tertindas dan tak adalagi pejabat yang bahagia diatas penderitaan rakyatnya.

    Amin :):):)

    BalasHapus
  9. @endang_satrio
    aamiin :) :) :)

    BalasHapus
  10. para pemimpin indonesia memang masih harus bekerja keras ya untuk bs mmbuat rakyatnya jd lebih sjahtera, smga suatu saat Indonesia bisa ya, :))

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email