Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Kembali ke notebook

20.59 Ecky A. 6 Comments Category :

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum wr wb...

Sebelumnya, terima kasih untuk semua tanggapan temen-temen atas postingan saya sebelumnya tentang “makan mie”, salah satunya dari Fitri yang memang berkuliah di jurusan ilmu teknologi pangan IPB.

Sejujurnya, saya tidak menyangka akan mendapatkan tanggapan yang lumayan, karena memang postingan itu tidak begitu serius. Oke, cara makan mie seperti yang saya kemukakan sebelumnya memang tidak higienis dan sehat, tapi yah..terima kasih teman-temanku atas perhatiannya, , semoga kesehatan saya tidak terganggu karena cara makan mie tersebut, aamiin.




Sebagian besar dari anda yang sudah mengenal internet pasti sudah tahu apa itu notebook, atau –menurut pengamatan saya-, di Indonesia lebih populer disebut “laptop”. Laptop atau –jika saya boleh menyebut dengan bahasa Indonesia-, komputer jinjing, adalah nama dari komputer portable, mengenai hal ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar saya kira, anda juga pasti sudah tahu bahwa kelebihan utama dari laptop dibandingkan PC desktop adalah masalah mobilisasi dan ke-portabel-an nya.

Lalu, apa pula PC desktop? PC desktop adalah PC biasa, dengan monitor dan CPU, yang biasa digunakan di rumah maupun di kantor-kantor dan ditempat lain dimana anda dapat menemukannya. Kenapa disebut desktop? Desktop, menurut saya dan yang saya baca dalam tulisan Mas Priyadi, jika dilihat dari segi bahasa, merupakan gabungan dari kata desk dan top,dan dari segi etimologisnya bisa kita simpulkan bahwa PC desktop adalah PC yang digunakan diatas meja, (ya ya, walaupun tidak selalu di atas meja, tapi jika dilihat dari penamaannya sih memang seperti itu).

Sekarang bagaimana dengan laptop? Jika kita mencoba manganalogikan dengan istilah desktop, berati laptop adalah komputer yang digunakan diatas pangkuan?




Pada awalnya memang, istilah laptop merupakan istilah yang digunakan orang-orang untuk komputer jinjing, dan jika kita mengikuti istilha tersebut, maka kita akan memakainya di atas pangkuan?
Tetapi tahukan anda, ternyata untuk seorang pria, menggunakan laptop diatas pangkuan merupakan hal yang kurang aman, mengapa? Karena, menggunakan laptop di atas pangkuan dapat menggangu organ pada pria karena panas yang ditimbulkan oleh laptop.

Mungkin, karena takut akan salah kaprah tersebut, munculah istilah “notebook” yang mengacu untuk komputer jinjing. Notebook, istilah untuk komputer yang tidak lagi mengacu pada lap dan top, walaupun saya pikir, di Indonesia tidak semua orang yang mengerti komputer tahu akan maksud dari laptop dan desktop.

Dulu, saya sempat bingung dengan istilah notebook untuk komputer jinjing, karena notebook bisa saja berarti buku catatan bukan? Tetapi, seiring perkembangan, akhirnya saya mengerti dan mulai menggunakan istilah tersebut dalam percakapan, terasa lebih profesional menurut saya jika kita menggunakan istilah notebook untuk komputer jinjing, hha..ya, walau risikonya mungkin akan ada teman anda yang mengerinyit terlebih dahulu atau meloading pikiran selama beberapa saat untuk mencerna maksud anda.

Jika sekarang anda ingin membeli laptop, banyak iklan-iklan komputer jinjing yang bertebaran di pusat-pusat elektronik yang menggunakan istilah notebook daripada laptop. Hal ini membuktikan bahwa istilah notebook sudah populer dikalangan produsen dan penjual (hal yang wajar saya kira) walaupun sekali lagi, menurut pengamatan saya, di Indonesia istilah laptop lebih populer jika dibandingkan istilah notebook untuk mengacu kepada komputer jinjing, pun dalam percakapan sehari-hari.

Lalu, jika Mr.Tukul sang pembawa acara Empat Mata (atau sekarang, "bukan empat mata"?) telah membaca tulisan ini maupun tulisan lain tentang maksud istilah laptop-notebook, akankah jargon itu diubah?

ehemm..
Kembali ke lap..eh, notebook


-Ecky-
2 Desember 2008
Cyber Astra

Pic from:biskom.web.id |bahan bacaan:priyadi.net

RELATED POSTS

6 comments

  1. hmm,,
    pantesan kk jarang bgt nyebut kata "laptop"..(atau malah ga pernah ya??)..pazti nyebutnya notebook trz..hhe
    jd..kpan dirimu bli notebook?? :P

    btw..kalo pun mas tukul ganti nyebut laptop jd notebook..ttp pas kok suku katanya.. jd, not..buk..hhe..y kan..tapi kalo bner2 dy ganti gt, bisa jd sarana sosialisasi yang ckp efektif kyaknya..hhe

    BalasHapus
  2. iya saya juga dari dulu nyebutnya notebook n somehow suka ngerasa gimana gitu kalo masih ada aja yang bilangnya laptop. hhe.

    btw, eckyyyyy, dirimu ketua DPM??? :-o GAK BILANG-BILANG!!!!! SELAMAT YAAAAA.. sukses dunia akhirat, amiin. :D

    eh, beneran ketua DPM? wew.. *pasti abis ini fansnya banyak :))

    BalasHapus
  3. @ dini
    haa. pengen sih punya notebook, tapi terbentur masalah dana,hhe..
    iya y, bisa pas suku katanya, not-buk :P

    @ ka azkaa
    iya ka, diamanahi jadi ketua DPM TPB IPB 45,
    hhe,,fans gmana ka? :P

    BalasHapus
  4. kalo gitu antara " notebook" dengan "laptop" ngga ada bedanya dunD!!! soale saya masih kebingungan apa bedanya dntara notebook dengan laptop!! hehehe

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email