Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Project : blog aggregator smansa

11.06 Ecky A. 13 Comments Category :

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum wr wb...

Berawal dari dibuatnya banner smansa depok blogs community, ide itu terlontar. Ka Oscar memberikan saran agar dibuat saja blog(smansa)nya,. Awalnya, saya tidak begitu mengerti maksudnya, apakah membuat sebuah blog dengan anak-anak smansa sebagai penulisnya (karena awalnya saya hanya ingin membuat bannernya saja) ? Tapi bagaimana caranya? Pertanyaan itu akhirnya terjawab (oleh misugijunz, yang sepertinya adalah nick dari ka oscar), dia menjawab pertanyaan saya dengan menunjukkan sebuah blog yang ternyata adalah sebuah blog aggregator.

Apakah blog aggregator itu? Blog aggregator adalah sebuah blog yang berisi tulisan dari blog-blog yang terdaftar sebagai bagiannya. Misalkan blog si A, B, C terdaftar sebagai bagian dari blog aggregator X, maka setiap kali A, B dan C memosting tulisan di blognya, maka tulisan mereka juga akan muncul di blog aggregator X.

Saya akhirnya berencana membuat blog aggregator untuk blog-blog warga smansa depok. Rencana ini masih bersifat project, dan rencananya saya akan merilis versi beta-nya (pra-fix-nya) dulu. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa teknis pembuatan blog aggregator smansa depok, bagi anda yang tidak ingin membacanya, anda dapat melewatkan bagian ini dan langsung melanjutkan ke paragraf-paragraf selanjutnya.

* * *

Rencananya, saya akan membuat blog aggregator smansa memakai hosting web yaitu di 000webost (gratisan) dan memakai software blog wordpress dengan plugin feedwordpress sebagai software aggregator-nya. 000webhost juga memiliki fitur fantastisco didalamnya sehingga lebih mudah untuk menginstall software blog wordpress.

Jika saya membuat blog di hostingan 000webhost, alamat web-nya pun harus memakai embel-embel dari 000webhost menjadi xxxxx.000.webhost.com, hal ini dapat dimaklumi karena 000webhost merupakan hosting gratisan. Untuk mengatasi itu, maka saya berencana membuat alamat baru di hotingan (lagi-lagi) gratis uni.cc, tapi bukan untuk membuat blog melainkan hanya sebagai nama redirect blog yang saya buat di 000webhosting karena uni.cc memiliki fitur redirect alamat web. Jika nanti saya membuat alamat, akan lebih nice menurut saya jika hanya memakai, misal, www.blog.smansa.uni.cc daripada www.blog.smansa.000webhost.com.

Rencana-rencana diatas belum tentu berhasil, jika mumet dan malas melanjutkan saya memiliki alternatif pembuatan blog aggregator (yang didapat dari kang kombor’s blog) yang cukup sederhana dibandingkan cara diatas yaitu memakai javasccript dari pihak ketiga (dan dapat dibuat memakai layanan blogspot).

* * *

Sekali lagi, pembuatan blog aggregator smansa baru sebuah project, saya masih belum tahu kapan pastinya blog aggregator smansa akan saya buat dan rilis, dan walaupun rilis, mungkin masih akan berbentuk beta a.k.a belum tahap fix.

Pembuatan blog aggregator tidak akan bisa berhasil jika dalam pembuatannya tidak ada blog yang mau menjadi kontributor, tetapi secara teknis, saya tidak memerlukan izin dari yang punya blog untuk memasukkan blognya dalam blog aggregator yang nanti akan saya buat, walaupun, tentu saja jika nanti ada yang keberatan jika blognya masuk dalam kontributor penulis blog aggregator, saya akan menghapus statusnya sebagai kontributor penulis, tinggal bilang aja okeh :), dan jika teman-teman bersedia menjadi kontributor untuk blog aggregator smansa, just tell me.

Saya cukup mengharapkan respon dari teman-teman atas project ini, jika ada saran, kritik, bantuan atau hal-hal lain mengenai project ini silahkan memberi comment. Oh ya, saya juga mempersilahkan jika ada yang mempunyai ide untuk alamat blog aggregator smansa ini.

That’s it, and i’ll give this project with code name : BoxWords.

Ditunggu suggest nama blog aggregator smansa-nya..


-8 Mei 2008-
Di rumah neneknya M.Nanda (komputer saya masih rusak).

RELATED POSTS

13 comments

  1. blog agregator..??
    kedengerannya menarik..(sebenernya ga ngerti2 amat c..hhe)
    tapi kalo yg ada hubungannya sm smansa mah bgs2 aja dah,,hhehe

    kasian yg kmptrnya masih rusak..hhe


    tapi sebel nih ah..

    penyakitnya kmptrnya nular..T.T

    BalasHapus
  2. @ achie and dini

    komputernya emang rusak juga din?hhe,,masa nular :P

    ah ya..kasih saran dun apa nama blog aggregator smansanya..:)

    BalasHapus
  3. itu teh kayak indonesia muslim blogger kan kak? idenya bagus tuh, jadi biar kita sesama smansa tau kalo ada yg punya blog,,bisa buat silaturahmi juga kan...tapi agak ribet juga ye,,coz waktu aku daftar jadi IMB aja,,aggregatornye bilang setiap yg mau jadi anggota mesti di cek satu persatu,,tapi soalnya IMB emang skala besar c..loh kok jadi ga nyambung ya..
    smansa blogger community aja kak

    BalasHapus
  4. woy,,,urusin dulu tu muntah2,,he5.. gimana?jangan mikir yg berat2 dun,,jadi psikosomatis gitu kan?mual dan muntah2..

    BalasHapus
  5. yang simpel aja namanya, biar gampang diinget. tapi apa ya? hha. trus pake dotcom atau dotnet donk biar keren. tanya kak faisal deh, perasaan di blognya dia pernah cerita dia tau caranya bikin blog dotcom gratis. tau kan, kak faisalnya cameljourney.com itu.

    usul deh,
    blog.smansadepok.com

    terserah sih, tapi kudu yang gampang diinget ya.. hhe.. semangat q.. lah, itu komennya si dhea apa maksudnya? dikau sakit?? ga boleh!! harus sehat!!

    btw, itu word verificationnya di-off-in donk, males tau jadinya mau komen.. *berlaku untuk semua yang make kayak beginian di blognya contoh: ary sandiko dan dhea adicita.

    hha. banyak omong saya ini ternyata.

    intinya, ini ide bagus sekali adikku, saya mendukung sepenuhnya.

    sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  6. bos,, gimana kabar blog agregatornye??

    BalasHapus
  7. bos,, kalo blog agragator misal lo buat besok neh,, trus tulisan orang2 yg kmrn bisa dimuat gak??

    BalasHapus
  8. gw sebagai anak gaptek, gak ngerti dah Q sama blog agregator atau apalah itu, tapi pokoknya yang bikin apapun yang berhubungn dengan smansa makin oke, gw dukung aja

    BalasHapus
  9. asw kak eq ..

    wah keren bgd tu kak project blog agregatornya!
    harus jd ya kak, hehe .. :)

    oia kak, yg foto krl'a it aq ambl dr blog kk lho, hehe, maaf ya kak !

    BalasHapus
  10. Masih pake koment yang lama ya... Met berkomunitas

    BalasHapus
  11. Semoga prjectnya cepat terlaksana :)

    BalasHapus
  12. another blog project, cool.

    Walaupun bukan warga smansa depok, Saya siap donor domain deh, ntar dibeliin kalo bener2 mau.

    Gimana?? ~_^

    BalasHapus
  13. @ aisha
    y aggreagator lah pokoknya..:P

    @dea
    itilah baru dapet dari dea nih..psikosomatis..:D

    @ ka azkaa & ka happy
    mkasi dukungannya ka.:)

    @ ary
    tahap alph sudah dibuat.. :)

    @ fatma
    foto kereta yang itu? saya juga dapet dari orang lain..hhe

    @ shaleh
    dah ganti sama form komen yang baru nih..hhe

    @ oom
    makasi om :)

    @ ka faizal
    makasi banyak ka..tawaran menarik :D..hhe

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email