Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

The kite runner

14.17 Ecky A. 5 Comments Category :

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum wr wb...


The kite runner, sudahkan anda membaca novel atau menonton filmnya? Novel karya Khaled Hosseini ini menceritakan tentang kisah seorang anak yang berasal dari Afghanistan dengan berbagai konflik yang harus diterima oleh si anak. Salah satu bagian yang menarik dari novel tersebut bagi saya adalah bahwa di Afghanistan juga ada budaya main layangan. Pasti anda tahu bukan apa itu layangan bukan? :). Dinovel tersebut diceritakan bahwa di Afgan ada yang festival layang-layang, sebuah festival yang prestisius bagi seorang anak kecil. Peraturan dalam festival tersebut adalah, layang-layang terakhir yang berada di angkasa adalah layang-layang pemenangnya, dan bagian yang tidak kalah diincar oleh para anak-anak adalah layang-layang yang terakhir kali putus, artinya, layang-layang yang kalah oleh layang-layang sang pemenang akan sangat diincar (dengan cara mengejar layang-layang jatuh itu).

Belum lama ini ketika keluar dari rumah, saya melihat tetangga saya memainkan sebuah layang-layang..hmm, saya pun tergoda dan menghampiri sang anak. Saya mengambil alih (meminjam) layangan tersebut dan memainkannya diangkasa. Saya bukanlah seseorang dengan skill yang tinggi dalam bermain layang-layang, saya tidak cakap dalam memainkan layang-layang, dan dalam masa kecil saya, tampaknya waktu untuk mengejar layang-layang lebih banyak daripada waktu yang saya habiskan untuk memainkannya diangkasa :).

Hhe, apakah terlihat sangat childish jika saya memainkan layang-layang?yah, mungkin memang begitu, tapi saya enjoy saya koq ketika beberapa hari yang lalu memainkan layang-layang tersebut (yang ternyata tidak memakai benang gelasan, dan akan membuat probabilitas kemenangan melawan layang-layang yang memakai gelasan mendekati 0 ). Kadang saya kangen dengan masa-masa kecil, suasananya, bau rumputnya, cahaya mentarinya, dan lainnya.

Ok, tahukah anda beberapa permainan yang biasa kita mainkan dimasa kecil? Tidak bisa dipungkiri layang-layang atau dikenal juga dengan layangan adalah salah satu permainan yang paling populer dikalangan anak laki-laki, permainan ini dilengkapi dengan serbuan anak-anak yang berlari untuk mengejar layangan yang jatuh, yang akan menjadi hal milik yang mendapatkannya pertama kali sehabis jatuh. Selain untuk diadu diangkasa, layang-layang juga bisa berupa layang-layang cantik yang dihiasi dan tidak bertujuan untuk diadu..

Selain layang-layang , beberapa permainan masa keci yang lain adalah petak umpet (yang dipelajaran bahasa Inggris dikenal dengan hide and seek), tak jongkok (tak atau petak ya?), geplak (apa sih nama officialnya?), sebuah permainan yang memakai pecahan genting/ keramik dan ada kotak-kotak yang harus dilompati memakai satu dan dua kaki, kalo dah menang terus bisa dapet bintang deh :). Lalu ada kelereng, yang dikenal juga dengan gundu/ keleci, apakah anda bisa menambahkan lagi permainan yang lain?

Permainan-permainan yang terlihat sangat tradisional, tapi cukup menyenangkan jika kita bermain dengan gembira. Hmm, apakah anak-anak sekarang masih memainkan permainan yang dulu saya (kita) mainkan ya?


6 April 2008
iseng aja nih..:)


*gambar didapat dari http://ayares151.fotopages.com

RELATED POSTS

5 comments

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email