Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Saya nge-blog?

22.10 Ecky A. 2 Comments Category :


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum wr wb...



Aktifitas blogging atau dikenal juga sebagai nge-blog, sudah mulai menjadi aktifitas saya dalam berinternet ria, selain ber-friendster dan melihat email :P.

Ada sebuah artikel menarik dari blog tempo , ngeblog untuk siapa? Apakah boleh, ngeblog untuk diri sendiri? Setahu saya, tak ada larangan untuk itu. Tapi menurut pendapat saya, alangkah asiknya jika kita ngeblog pun untuk orang lain, dalam berbagi komen, pun pendapat.

Ngeblog juga tak lepas dari kentalnya nuansa subjektifitas si penulis dalam menulis (biasanya jika tulisannya berisi pendapat atau kritik).

Untuk saya, kadang yang membuat saya bingung adalah segmen pembaca. Kadang kala saya merasa bahwa, saya ragu jika tulisan saya cocok untuk segmen si ini, si itu, dsb.

Ada saran kalau saya sebaiknya menulis dalam satu tema besar, tapi sejujurnya, saya termasuk orang yang mudah kena influence. Maksud saya adalah, saya mudah terbawa, jadi misal saya membaca blog seseorang yang tulisannnya serius, saya kadang jadi tertarik membuat yang serius, begitu pula jika melihat yang santai, yang lucu, dsb. Jadi menurut saya, saya bukanlah orang yang mau menulis hanya dalam satu bagian saja, serius, seriuuss terus, atau hanya yang lelucon, lelucoon terus..Gado-gago sajalah, hheheh.

Ada masa dimana, blog tak terurus, postingan tidak diupdate, blog seperti stagnan. Ya, wajar lah menurut saya, karena semangat ngeblog bagi saya sendiri suka fluktuatif. Dan ada pendapat, kalo mau menulis, harus ada input yang masuk (inspirasi), berarti kalo gak ada inspirasi, susah untuk menulis kan? Misalnya, kita sedang ada masalah, sedang sibuk dengan kerjaan lain, sedang fokus pada sesuatu, atau sekedar malas untuk mengupdate.

Blogging juga bisa dikaitkan dengan unsur “berbisnis”, dalam hal ini yang cukup populer adalah memasang Adsense google, yaitu iklan dimana yang memasang iklan bisa mendapatkan dollar (dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan). Ada pula yang nge-blog untuk memasarkan produknya, dan bahkan memasarkan bagian dalam blognya untuk bisa dipasang iklan bagi yang berminat. Hmm..kalau saya, mungkin menjadikan nge-blog sebagai sarana saya berbagi, menyampaikan pendapat, unek-unek, atau bahkan curahan hati :P. Yaa..sebagaimana blog pada umumnya saja (berarti yang tadi gak umum dun? hheh ), dengan harapan, bahwa blog ini juga bisa bermanfaat. Untuk urusan komersil, saya tidak bertujuan untuk mengkomersilkan blog ini.

Ada pendapat dari Wicaksono, salah seorang wartawan tempo, “Blog ternyata bisa menjadi sarana berbagi informasi, pendapat, gagasan, pengalaman, lelucon, kampanye, dan sebagainya.”

Selain sebagai aktifitas lain dalam berselancar di dunia maya, saya merasa bahwa ng-blog bisa melatih saya dalam menulis, bahwa ternyata saya pun bisa menulis. Dengan adanya blog, tak sedikit dari kita yang menjadikan blog sebagai sarana dakwah yang baik.

Bahwa, punya blog bisa menjadi sebuah kebanggaan bagi pemiliknya. Karena gak semua orang (mau) mengurus dan menulis (dalam sebuah blog).

Saya nge-blog? Anda?

-EQ-

19 Desember 2007

Bahan bacaan :

* Blog tempo, www.blog.tempointeraktif.com , “Nge-blog itu untuk siapa” dan “Depresi”
* Dengan tema yang mirip dengan postingan Bang Radon, “world-is-blogging-are-you-not”

*gambar didapat dari situs http://reconstruction.eserver.org



RELATED POSTS

2 comments

  1. saya juga ngeblog..heuheuheu,,,
    x)

    mana nihh hadiah buat komen terbanyak spanjang taun???hihiyy

    BalasHapus
  2. @ dea..iya2 dea jg ngeblog..hheheh..

    kapan doiii menyusul??? xP

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email