Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Indonesia Raya

10.19 Ecky A. 3 Comments Category :


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum wr wb...

Indonesia, tanah airku, tanah tumpah darahku..
Disanalah, aku berdiri, dari pandu ibuku..


Itulah untaian bait-bait lirik dari lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya, karya Wr.Supratman. Sejarah lagu tersebut tidaklah sekedar, dibuat, dinyanyikan, dan dijadikan lagu kebangsaan kita. Sejarah pernah mencatat bahwa, lagu Indonesia Raya pernah dibawakan (maaf, saya lupa acaranya, kalau enggak salah saat Kongres Pemuda I ?) dengan kata “merdeka” yang menjadi “mulia”, karena saat itu Indonesia masih dijajah.

Pembicaraan tentang lagu kebangsaan kita mulai marak kembali ditahun ini mungkin saat ada pemberitaan bahwa Roy Suryo bersama timnya “menemukan” video klip Indonesia Raya “jaman dulu”. Dengan beberapa perbedaan dalam liriknya dan adanya tiga larik di lagu Indonesia Raya tersebut.


Indonesia, tanah yang mulia, tanah kita yang kaya..
Disanalah, aku berdiri, untuk selama-lamanya..
-Indonesia Raya “temuan” Roy Suryo-


Diberitakan bahwa Roy Suryo bersama timnya menemukan klip tersebut di perpustakaan Belanda. Ditambah embel-embel ini-itu tentang sejarah dsb

Waktu pertama kali melihat berita tentang “penemuan” ini di televisi, saya sedikit menerka, jangan-jangan video klip yang ditemukan itu adalah video klip yang saya juga punya, dan ternyata benar, saya sudah memiliki video klip sebelum Roy Suryo mempublikasikannya di televisi.

Memiliki video tersebut dirumah saya bukanlah sebuah hal yang istimewa. Saya mendapatkan video tersebut dari teman saya M.Fajar, dan M.Fajar mendapatkannya dari kakaknya yang mengunduh (mendownload) video tersebut dari situs populer youtube.

Saya sempat mengirim e-mail ke Metro TV mengenai tanggapan saya bahwa penemuan video tersebut bukanlah hal yang istimewa. Saya juga menyertakan data dari youtube bahwa video tersebut telah diunggah (diupload) di youtube sejak beberapa bulan yang lalu, dan itu sebelum Roy Suryo mempublikasikannya ditelevisi.

Dan selanjutnya saya diberitahu bahwa ada berita tanggapan juga dari masyarakat, dari guru yang mengatakan bahwa lirik yang berbeda dengan Indonesia Raya yang biasa kita nyanyikan saat upacara bukanlah hal yang baru karena hal itu telah diberikan di mata pelajaran sekolah. Dan ada juga yang mengatakan bahwa video tersebut telah ada diinternet sebelum Roy Suryo mempublikasikannya, dan mungkin tanggapan-tanggapan lain tentang hal tersebut.

Jadi, ada apakah dengan Roy Suryo yang biasa digelari pakar telematika?


==================================================================================


jika temen-temen ingin melihat videonya, klik play pada player dibawah ini (butuh plug-ins flashplayer dibrowser)



Atau jika koneksi agak lambat, malas menunggu streaming selesai dan alasan- alasan lain yang membuat temen-temen lebih memilih tidak melihat melalui streaming, silahkan klik link dibawah ini untuk mengunduh videonya*

DOWNLOAD

===================================================================================

*saya sangat menyarankan untuk mengunduh file tersebut menggunakan download manager.

-jika menggunakan download manager, ganti nama file get_video menjadi nama apapun, terserah (gak juga gpp) dan ditambahkan .flv dibelakang nama file (sebagai nama ekstensi file flashvideo).

-jika temen-temen tidak menggunakan download manager, lakukan langkah diatas, tetapi setelah file selesai diunduh.

*mainkan video tersebut menggunakan flashvideo player, atau player semacam k-lite dan vlc, atau bisa juga diconvert dulu ke .avi, .mpeg dsb.

*kalo mengunduhnya agak ribet, streaming aja kali ya..hhehe (or contact me if u wanna).


===========================================================================

-EQ-
14 November 2007

Thanks to Fajar buat videonya

RELATED POSTS

3 comments

  1. asw.
    hmm.. masa bang roy nipu?
    tapi kmungkinan ke arah situ sih ada.

    BalasHapus
  2. lirik tsb juga sudah ada di buku lagu wajib

    BalasHapus
  3. @riky
    ada kemungkinan gt sih ki..(btw,gw bales komen ini baru sekarang,hhe :D

    @siti aisyah rachmawati
    oh gt y?
    thanks infonya :)

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email