Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

formosa, the critics about

14.30 Ecky A. 1 Comments Category :

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum wr wb...

Haloo…pa kabar semua?

Lama gak nulis artikel, bukannya gak ada topik, tapi sudahlah..now lets we start again..

Tanggal 29 September, beberapa sms dari temen-temen MPK/OSIS (untuk selanjutnya kita kenal juga dengan sebutan MPOS) 0506 yang udah pada kuliah dateng, tujuannya intinya satu, yaitu menanyakan apakah rencana launching FORMOSA saat iftor MPOS 0708 jadi diadakan. Ok, how about we take some flashback about this?

FORMOSA adalah singkatan dari Forum Silaturahmi MPK/OSIS Smansa. Seperti namanya, forum ini adalah forum silaturahmi para alumni MPOS dengan para pengurus aktifnya (walaupun sempat saya dengar pendapat bahwa FORMOSA adalah forum khusus almamater MPOS), untuk tetap menjaga tali silaturahmi dan juga tempat para pengurus aktif -setidaknya- mendapatkan tempat untuk berkeluh kesah tentang berbagai problem di MPOS. Dan tentu saja, tujuan FORMOSA juga adalah untuk dapat memberikan sesuatu kepada MPOS aktif, tidak sekedar pikiran, ide dan solusi, tapi juga aspek riil seperti materi.

Awal rencana pembentukan FORMOSA adalah adanya kesenjangan antara pengurus aktif (kelas X dan XII) dengan para kelas XII dan lebih lagi kepada alumni. Mungkin akan ada perbedaan pandangan dalam hal ini tentang siapakah yang “kurang”, pengurus aktif yang kurang mau berbicara dan talkative kepada kelas XII dan alumni atau kelas XII dan alumni yang kurang mau “berpartisipasi”. However, biang FORMOSA, yaitu bang Abe merasakan kesenjangan yang sangat ketika dalam AKSI 30 ternyata MPOS masih defisit yang sangat luar biasa untuk ukuran H-1. Tidak mempermasalahkan defisitnya, tapi lebih kepada MPOS yang ternyata terlihat belum mau/ tidak mau/ lupa/ apalah “minta bantuan” ke alumni. Dan juga memang terlihat lebih disimpan sendiri. Dalam sudut pandang ini, saya masih berada dalam kelas XII, dan memang, berdasarkan obrolan-obrolan yang pernah saya lakukan bersama beberapa former MPOS, kesenjangan itu cukup terasa.

Berdasarkan hal-hal tersebut, bang Abe (yang saya rasa otak dari pembentukan FORMOSA) mulai mengajukan tajuk dan opini tentang ide-ide, tujuan, dsb tentang dasar FORMOSA. Furthermore, rapat tentang pembentukan FORMOSA diadakan ketika LDK MPOS sedang berlangsung dengan mengundang kelas X,XI,XII dan juga alumni. Beberapa hal dasar telah ditentukan tentang ketua setiap angkatan dan juga jadwal launching FORMOSA yang ditentukan diadakan pada saaat iftor MPOS 0708 (yang ditentukan diadakan tanggal 30 September).

Back to present..akhirnya sms dari teman-teman 0506 harus dibalas dengan kesimpulan bahwa launching FORMOSA tidak jadi dilakukan. Kenapa tidak jadi dilakukan padahal FORMOSA sepertinya adalah hal yang positif dan bahkan jadwal launching FORMOSA sudah dilakukan jauh-jauh hari bahkan ketika MPOS 0708 belum terbentuk? Jawabannya adalah, adanya ketidaksetujuan dari, kita sebut saja -a part of- kelas XII (disini ketika saya dan teman-teman MPOS0506 yang saya maksud, sudah menjadi alumni). Beberapa dari mereka (dan saya dapat info dari Bang Abe, sekitar 7orang, dan bahkan bisa lebih) tidak setuju dengan adanya launching FORMOSA saat iftor MPOS 0708. Salah satu alasan yang saya dengar dari kelas XII yang langsung mengatakannya kepada saya adalah, karena ini adalah saat-saat terakhir, dia ingin iftor MPOS menjadi persembahan terakhir untuk kelas XII. Dan ada juga yang, mereka sih respek terhadap FORMOSA , tapi ingin menjadikan iftor menjadi ajang bersama-sama terakhir mereka, in conclusion, mereka tidak menginginkan adanya almuni (dalam tradisinya, MPOS baru akan mengadakan iftor dengan turut mengundang kelas XII).

Oke, jika alasannya adalah ingin jadi persembahan terakhir, ajang bareng-bareng terakhir, but, why don’t u say that reason when we not yet to take the time for launching?ya, memang alasan dan beberapa suara yang tidak setuju tampaknya baru terdengar ketika waktu sudah menginjak Ramadhan.

Ingin menjadi ajang bareng-bareng terakhir?tetapi bukankah H-2 sampai H-1 iftor MPOS 0708, diadakan perpi MPOS 0607 ke Villa GIP? Ya..mungkin ingin menjadi ajang bareng-bareng terakhir bersama kelas X juga?

Penundaan launching FORMOSA dilakukan , tanpa ada langkah pasti alternatif launching. Karena keputusan penundaan diambil 2minggu sebelum launching. Karena harus dipikirkan pula timing yang tepat untuk mengumpulkan kelas X,XI, dan XII, dan jika dilakukan acara launching –biasa-, side event apa lagi yang akan diadakan? i mean, apakah acara launching nanti cukup hanya –launching- dan pulang? Dan juga, jika diadakan lepas dari acara MPOS aktif, siapa yang bakal ngurusin acaranya?alumni ada kuliah, kelas XII pengen UN?

FORMOSA bukanlah milik alumni, tetapi FORMOSA adalah milik kita, MPOS aktif, kelas XII dan alumni juga.

Tampaknya FORMOSA yang bahkan belum lahir harus menunda kelahirannya.

Sahabat saya pernah berkata, bahwa setiap kejadian pasti ada hikmahnya..dan semoga kita bisa mengambil manfaat dari penundaan ini, siapa tahu, penundaan ini adalah untuk menghindari prematurnya kelahiran forum kita?

*sejauh ini terima kasih kepada Hernanda, MPOS aktif 0708, tentang penawarannya untuk launching FORMOSA yang dilakukan ketika pengajian bulanan atau mabit ( sejujurnya saya mengharapkan setidaknya kelas XII turut memikirkan alternatif launching FORMOSA sebagai –at least- bentuk kebijaksaan karena dari merekalah suara penolakan rencana launching yang sudah jauh-jauh hari ditetapkan berasal).

EQ

01 Oktober 2007

You've got to get yourself together

You've got stuck in a moment

And now you can't get out of it

then say that later will be better

Now you're stuck in a moment

And you can't get out of it

-from stuck in the moment and you can’t get out of it by U2-

=========================================================================== -EQ-

RELATED POSTS

1 comments

  1. terlepas dari isi blog lw Q, gw mo nanya... Sebenernya rapat pembentukan formosa itu kapan sih? Klo ada acara2 kaya gituh kasih tau gw ya!

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email