Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Dunia digital, sebuah perkembangan, a spy,

16.12 Ecky A. 2 Comments Category :

بسم الله الرحمن الرحيم




Assalamu'alaikum wr wb...


Dunia maya tidak bisa dilepaskan dari peran perkembangan dunia digital. Dunia digital yang sejatinya hanya mengenal “ada” dan “tiada” ini tidak akan pernah ada jika Al Khawarizmi tidak menemukan angka nol, 1 untuk ada dan 0 untuk tiada. Belum lagi perkembangan penemuan bahasa pemograman, mulai dari bahasa “mesin” assembler, sampe kita sekarang bisa melihat bahasa yang namanya terinspirasi dari kopi jawa, yaitu Java (liat deh lambangnya, kan cangkir kopi tuh). Perkembangan ini membawa kita menjadi lebih baik melangkah dalam hal teknologi dan berbagai kemudahan dalam hal beraktivitas.


Tapi dibalik semua itu, dunia ini juga membuat perkembangan baru dalam hal lain yaitu dengan adanya…contoh, cyber crime, hacker, cracker, dll. Beberapa waktu lalu saya sempet ikut dalam perdebatan mengenai pembuat virus yang ngeselin, hhe. Karena sebenernya, kalo gak untuk crime palingan para pembuat virus itu Cuma show off aja, nunjukin kalo dia bisa (tapi pernah ada virus yang bernama mylove yang dibuat karena dia gak disetujui orang tua wanita dalam hal percintaan,hhe), (waktu kelas XI saat latihan untuk lomba problem solving bersama Ridwan dkk, kami sempet bikin virus-virusan pake bahasa pascal, jelek banget waktu itu hasilnya, Cuma nunjukin layar dengan angka yang jalan terus).


Sebenernya, kita gak perlu jago-jago amat dalam hal algorima pemograman kalo pengen jadi hacker kecil-kecilan, dalam dunia dengan akses yang serba dekat dan bahan dimanma-mana (Friendster juga salah satu bahan sebenernya,hhe). Saya akan memberi contoh, bagaimana kita bisa menjadi seorang spykids.


Misal saya lagi pengen jail terus pengen ngisengin dan memata-matai si A, cara pertama, saya akan pura-pura minjem Flashdisk sama si A.


“A, pinjem flashdisk dong”

“nih, jangan lama-lama ya..” (dialognya gak perlu sebenernya y, hhe)


Setelah saya dapet flashdisk si A, saya buka melalui komputer saya, udah tentu kan, kalo si A bakal ngapus-ngapusin data penting yang dia gak mau saya liat? (lalu, apaan yang mau kita spy dong?), nah, saya akan memakai software File recovery, sejenis software yang bisa mengembalikan file yang suda dihapus (FYI, jika sebuah file dihapus, sebenernya yang dihapus cuma ekstensinya aja, misal aaa.doc diapus, nah .doc-nya itu yang dihapus, sedangkan datanya masih ada, dan jika ada data lain yang dimasukkan ke dalam hardisk, suatu saat data aaa bisa ketiban, dan kalo udah ketiban, data akan bener-bener kehapus). Berdasarkan FYI tadi, jadi yang bisa direcover sebenernya cuma data-data yang belum lama kehapus.


Kita lanjut, jika saya membuka flashdisk si A, terus pake software file recovery, bisa aja kan saya dapet data-data penting dia, misal, catetan passwords, catetan pribadi, dan bahkan kita bisa menganalisa sedikit-sedikit, sebenernya si A kayak gimana sih.


Contoh tersebut adalah contoh yang sederhana, saya akan lanjut contoh lainnya, bagaimana kita bisa mendapatkan data dari dunia digital ini.


Misal saya tadi memakai software file recovery dan saya mendapatkan beberapa foto dia. Jika kualitas data fotonya masih bagus, say bisa mendapatkan data lain dari fotonya yaitu metadata (data yang sering dikatakan oleh Roy Suryo mengenai apakah sebuah foto adalah asli atau bukan, karena sebuah foto asli yang sudah diedit, di metadatanya akan tertulis software pengedit fotonya atau bahkan metadatanya hilang, tapi sebenernya gak terlalu bisa jadi tolak ukur keaslian foto juga sih, karena yang saya dengar ada software yang bisa ngedit foto tanpa merubah metadatanya). Nah, gimana cara dapetnya, gampang, lihatlah foto melalui ACDsee atau software lain yang bisa ngeliat metadata, klik kanan-properties dan pilih EXIF. Disitu terpampang cukup lengkap data fotonya, yya walaupun Cuma data-data begitu doang, tapi mayan kan.


Lanjut, misal saya juga mendapatkan data lainnya seperti catatan passwords atau catatan pribadi, peng-spy-an bisa lebih dilanjutkan kan?


Itu jika kita interaksi langsung, dan kita juga bisa menjadi spy tanpa interaksi langsung koq. Jaman sekarang, remaja punya FS kayaknya biasa aja, tapi lewat situ kita juga bisa menjadi spy loh. Lewat teknik-teknik hacking FS, kita bisa dapet passwords FS seseorang, dan biasanya passwords seseorang baik itu email, FS, dll..biasanya sama, kalo kita dapet passwords FS seseorang, terus kita tau apa alamat emailnya, dan ternyata passwords FS dengan email sama, kita bisa ngeliat isi-isi inbox FS maupun emailnya kan?dan peng-spy-an pun bisa dilancarkan..


Selain itu, salah satu melakukan hacking FS adalah –Deface-, ya seperti namanya “deface”, yaitu kita bisa merubah tampilan FS tanpa sepengetahuan yang punya FS, biasanya cara ini dilakukan dengan menggunakan script yang dikirimkan lewas testi, jadi kalo nerima testi kode-kode aneh, mending jangan diterima dulu deh…(perlu diingat bahwa deface adalah mengubah tampilan -Tanpa- anda ketahui, dan mungkin bahkan hanya teman-teman anda yang bisa melihat)


Contoh kode-nya :










yang akan menghasilkan kata-kata

"apa kabarmu disana?

maaph..

tapi tampaknyawajah FS ini akan sedikit berubah

bingung?

jangan lah....

bikin aja lg yang baru

*ngancam mode ON*

dadaah.."

yang bisa dilihat temen-temen FS kita..



Dan bahkan kita pun bisa melakukan teknik-teknik hacking melalui Google…


Itulah beberapa contoh sederhana mengenai dampak kemajuan teknologi yang tidak hanya memudahkan aktivitas kerja, tapi juga yang lainnya. Seorang teman saya yang dulu sempat menggunakan teknik hack FS berkata, “naro privasi koQ diinternet”.


Seperti yang saya bilang diawal, bahwa para hacker, pembuat virus, spyware, trojan, worm, dll..kalo gak bukan crime, pengen tau, ya..palingan cuma buat ngebuktiin kalo dia itu –bisa-..ya, just it…


=============================================================================


Sebuah kalimat yang sangat sering kita dengar, “kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat si pelaku, tapi juga kesempatan” waspadalah, waspadalah…


BONUS :


-untuk menangkal file yang sudah didelete bisa direcover sama orang, pake software seperti inecerator yang ngapus file supaya gak bisa direcover. Atau sederhananya, misal file dalam flashdisk diapus terus gak pengen bisa direcover, masukin aja data lain ke-flashdisk sampe penuh.


-contoh google hacking, ketik


“inurl:password.log” digoogle, terus liat deh hasilnya, ada beberapa yang berisikan passwords (tapi langkah selanjutnya saya juga gak ngarti c).


-ngirim email ngaco, mau ngirim email dengan alamat seterah kita, misal orang@keren.baget.dong ke email temen buat sekedar iseng? Kalo mao coba ketik “inurl:XcCDONTS.asp” digoogle,


Klik link hasil yang keluar, dan kita akan mendapatkan form kalo kayak kita ngirim email, dan nama pengirimnya terserah loh,hhe…


===========================================================================


Thanks buat penulis buku Google hacking untuk tips inurl-nya


Thanks udah mampir, hhe…


-EQ-

RELATED POSTS

2 comments

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email