Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

hacking FS, how it can be, be careful about this

17.27 Ecky A. 2 Comments Category :


Bagi anda para FS-ers (para Friendster user), pernahkah anda mendapati profil teman anda atau bahkan profil anda sendiri yang tiba-tiba berubah aneh, dan untuk sebagian kasus (kasus c Aishe), tidak bisa login (tapi bukan karena lupa passwordnya ) . Jika pernah ada 2 kemungkinan tentangnya,

1st.Anda ceroboh (kemungkinan untuk temen-temen yang biasa ke warnet)

2nd.Ketahuilah, bahwa ada seseorang yang pintar dalam dunia komputer tengah mengincar anda…

(Kalau anda ingin tahu bagaimana masalah ini dengan cukup paham, anda cukup membacanya dari awal hingga akhir)

Mari kita telaah satu-persatu, (yah, dengan pengetahuan saya yang cuma segini, saya harap cukup membuka wawasan temen-temen, dan cara menanggulanginya ada di bagian terakhir postingan ini.). Kemungkinan pertama, bahwa temen-temen ceroboh, ini cukup memungkinkan, karena tak semua orang bisa menjadi subjek pada kemungkinan kedua. Ceroboh kenapa? karena mungkin saat temen-temen selesai ber-Friendster- ria, anda lupa LOG OUT . karena jika temen-temen lupa log out, dan ada orang lain yang memakai computer yang barusan temen-temen pakai, dan kebetulan dia juga ber-FS-ria, maka jika dia mengetikkan friendster.com, maka halaman pertama yang terbuka adalah halaman home anda. Jika sudah demikian, dia dapat dengan mudah mengobrak-abrik profil, foto atau bahkan ngepost comment, bulletin dan message sesuka hatinya. Dan dipastikan, semua atas nama temen-temen .

Analogi à si A buka FS di komp.no.6 disalah satu warnet. Setelah selesai, dia lasung klik close browsernya tanpa log out FSnya terlebih dahulu. Kebetulan, setelah dia pergi ada si B yang mendapati komp.no.6 kosong, dan memakai komp.no.6 diwarnet tersebut. Jika ternyata si B juga ingin ber-FS-ria, dan ketika ia menuju situs www.friendster.com, maka halaman pertama yang terbuka bukanlah halaman login, tetapi jerejeeng….yaitu halaman home FS si A. Kalo ternyata si B jail, ya tebak saja sendiri.

Bisa saja terjadi seperti itu, dan mungkin temen-temen pernah buka FS diwarnet, dan mendapati hal seperti si B.

Kemungkinan ceroboh lainnya adalah, saat anda login, lalu mengetikkan password, lalu meng-klik sign in, anda mengiyakan konfirmasi PASSWORD REMINDER. Biasanya Password Reminder (PR) tersebut berbentuk pop up, dan berisikan opsi yes, no, dan never for this site. Sebenarnya, PS hanya berguna jika komp. Tersebut adalah komp. PRIBADI anda.

Analogi à si A lagi-lagi buka FS di komp.no.7 disalah satu warnet, ketika dia login, muncul PR, dan dia mengklik YES. Kebetulan, setelah dia pergi ada si Z yang mendapati komp.no.7 kosong, dan memakai komp.no.7 diwarnet tersebut. Jika ternyata si Z juga ingin ber-FS-ria, dan ketika ia menuju situs www.friendster.com, dan muncul halaman depan login. Ketika si Z akan mengetikkan email-nya, maka akan muncul daftar email-email orang-orang yang mengklik YES pada PR, dan jika si Z mengklik slah satu Id email yang ada dalam daftar, maka dengan seketika, isian email beserta passwordnya telah terisi dengan email dan password email yang dia pilih.

Kemungkinan lain, kemungkinan-kemungkinan yang biasa, ketika temen-temen mengetikkan password, ada yang mengintip, temen-temen nyatet password terus dilihat orang lain, dll.

Ok, tampaknya untuk kemungkinan pertama yaitu kemungkinan kecerobohan sudah cukup, dan mari sama-sama kita lanjutkan dengan kemungkinan kedua. Ketahuilah, bahwa ada seseorang yang pintar dalam dunia computer tengah mengincar anda.

Kenapa judul kemungkinan kedua seperti itu? Karena jawaban dari pertanyaan “kenapa FS saya jadi begini/ begitu tanpa sepengetahuan saya”, “kenapa saya tak bisa login”, “kenapa FS saya hilang”…adalah, mungkin FS temen-temen telah dihack (bajak) seseorang, yang tentu saja bukan orang sembarangan dalam dunia komp. Perlu diperhatikan bahwa motif dari pembajakan FS bermacam-macam. Bisa karena kesel, sekedar iseng, atau cuma ingin menunjukkan kemampuan.

Telah kita bahas mengenai kemungkinnan kenapa FS begini/ begitu, dan sekarang, waktunya kita bahas, bagaimana cara menanggulanginya, or at least, how to reduce this possibility hacking.

Untuk kemungkinan pertama, yaitu kemungkinan kecerobohan.

1st Jangan lupa LOG OUT

2nd Jangan pernah klik YES untuk PASSWORD REMINDER, jika ada pilihan YES, NO, atau NEVER FOR THIS SITE, pilihlah NO atau NEVER FOR THIS SITE, dan untuk cari amannya pilih saja NO.

Jika temen-temen sudah terlanjur pilih yes, ikuti langka berikut (untuk pengguna FireFoX) à klik Tools à klik CLEAR PRIVATE DATA à centang semua opsi ( cookies, saved password, dll) à klik Clear Private data now

Untuk lupa log out atau password reminder, anda temen-temen tak perlu khawatir jika browsing di warnet yang memakai software Deep Freeze (lambang kepala beruang kutub pada start-up/ pojok kana bawah disamping jam), karena software tersebut akan menghapus semua setting ketika restart, (makanya, restart ada komp.nya, hhehe...)

3rd Waspada akan sekeliling.

4th Jangan naro password sembarangan .

Dan untuk kemungkinan kedua, Ketahuilah, bahwa ada seseorang yang pintar dalam dunia computer tengah mengincar anda. Yah, saya tak punya penangkal pasti untuk hal yang seperti ini, tapi ada cara-cara minimal yang bisa dilakukan,

1st Browsinglah menggunakan Firefox atau Opera (tapi saya sangat menyarankan memakai Forefox), jangan menggunakan Internet Explorer, karena IE rentan menjadi mediator hacking.

2nd Hmm, mungkin..jangan bikin kesel yang jago komp.kali ya..hhehe..

Yah, Cuma segitu yang bisa saya share ke temen-temen, inget, dunia internet adalah dunia yang serba dekat, dan berbagai macam kemungkinan ada disini. Jika anda ingin privasi anda aman, internet bukanlah pilihan utama.

Semoga bermanfaat, dan kayak kata-kata terkenal yang sering kita dengar tentang criminal “Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat si pelaku, tapi juga kesempatan (dan kecerobohan)’…

Jika ada saran, kritik dan pertanyaan, bisa kontak saya di imel, komen, atau langsung ke FS saya.

What Next : pada postingan berikutnya, akan saya kemukakan,


HOW TO HACKING FS


=============================================================================


-EQ-

17 Juni 2007

RELATED POSTS

2 comments

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email