Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

topik hangat dsmansa, -poligami?-

11.45 Ecky A. 5 Comments Category :

بسم الله الرحمن الرحيم

setujukah anda Aa' Gym berpoligami
setuju
tidak setuju
no comment
  
Free polls from Pollhost.com






assalamu'alaikum...


berita terkini, disinyalir bahwa dSmansa depok ada sebuah gonjang-ganjing dari sebuah isu publik populer, yaitu poligami!!....hmm,menarik....

kalo membicarakan masalah yang satu ini pasti bakal ribet (menurut pandangan saya sebelumnya), tapi tak disangka bahwa waktu mentor Sabtu kemarin, (16 Des 06) ,tutor saya yang tak lain adalah mantan ketua senat kedokteran UI menyuguhkan senbuah topik cantik,
Syahadat Rasul....
hmm,kenapa nyambung sama poligami?karena salah satu materinya adalah
-menghidupkan sunah-sunah Rasulullah SAW
dan salah satu sunah Rasuladalah poligami...

nah-nah...lanjut ke masalah poligami (sebenernya masalah ini lumayan menarik bagi para kelas XII karena sebelumnya angkatan saya juga sedang diterpa badai mabok munakahat (akad pernikahan,walimah=resepsi pernikahan) gara-gara ada materi sekaligus praktek kerja agak nyata (iy!,lah waktu praktek kedua mempelainya pake slendang segala...tsaaah!)..atau mungkin karena Pa'Mahmudin selaku guru Agama dsmansa mencanangkan
wajib nikah 20 tahun???hhehe,ebat2....


..mengenai topik Aa'Gym yang menikah lagi, rasanya tidak perlu diperdebatkan,
karena teh Ninih (yang saya tahu) Isya 4JJI sudah mengizinkan...dan kalo ditanya mengapa beliau menikah dengan yang lebih muda,cantik, isu2nya banyak faktor dan salah satu yang saya tahu adalah bahwa ayahnya istri ke-2 Aa'Gym, sedang sakit keras, dan (mungkin) ada faktor2 lain yang gak mungkin diberitahukan kepada publik...logikanya menurut saya, apakah alasan dan pemikiran seorang Aa'Gym perlu dipertanyakan jika dibandingkan dengan statment2 yang ada diinfotainment?

(dari tutor saya, saya diberitahu bahwa ada seorang akhwat yang bilang kepada dia kalo gak bakal datang lagi ke Daarut Tauhud, disini kita bisa melihat hikmah dari kasus Aa'Gym,mana saha orang2 yang benar-benar menuntut ilmu, karena orang-orang yang menuntut ilmu dengan ikhlas, jelas mencari ilmu yang diberikan,not beside the subject did or do...)

kalau ditanya mengapa disaat Aa'Gym sedang populer tetapi melakukan tindakan yang dapat meruntuhkan kepopulerannya, ada quotes menarik dari Aa'Gym, beliau berkata bahwa (intinya) "saya tidak beramal,berdakwah untuk mencari popularitas, saya beramal dan berdakwah karena 4JJI semata"...

lanjut,sekarang kita membahas poligami (kenapa bukan poliandri(bersuami lebih dari 1)?karena poliandri jelas HARAM!!!),
sebelum materi diberikan tutor saya memberikan statment "sebenernya,yang harusnya protes poligami tuh laki-laki" kenapa?ntar dlu...

saya pernah membaca bahwa di Indonesia poligami adalah hal yang masih dianggap tabu..?boong x yah,kalo gtu kenapa ada poligami award??
melalui survei langsung yang saya lakukan(haha,sebenarnya cuma nanya2 aja ), saya belum pernah menemukan seorang akhwat pun yang menyatakan SETUJU atas poligami...kenapa oh kenapa?(gak semua ikhwan setuju poligami lho..)
saat ditanya kenapa (temen2 bisa coba tanya kepada orang-orang yang gak setuju poligami dengan pertanyaan kenapa, bisa jadi temen2 akan menemukan jawaban yg aneh2...)
iy,kadang saat ditanya kenapa, mereka menjawab...
1.diliat dari sisi kemanusiaannya
2.kasian istrinya
3.maunya poliandri (boong ding,*ngasal*)


ok,kita lihat poin pertama
kalo diliat dari sisi kemanusiaan, memangnya poligami tidak berperikmanusiaan dan perikeadilan, maka dari itu dst dst....kenapa?apakah karena poligami akan menyakiti hati istri pertama?
inget 1 poin penting, poligami hanya boleh dilakukan kalo istri (tulisan gaulnya is3 *ngasal lagi*) pertamanya MENGIZINKAN, jadi kalo udah diizinkan,kenapa harus tidakberperikemanusiaan
?dan seorang suami yang berpoligami diharuskan adil...
poin pertama saya rasa tidak relevan (liat poin ke-2)

ok,poin ke2...
kasian istrinya?
kalo temen2 tahu, ada sebuah hadist (saya diberitahu tutor saya yang sayangnya beliau lupa lengkapnya bagaimana), yang intinya, kalo istri pertama ikhlas dipoligami dengan istri ke-2, maka ganjaran istri pertama itu adalah surga...istri ke-2 ikhlas dipoligami dengan istri ke-3, maka ganjarannya adalah surga, begitupula istri ke-3, nah saya gak tahu gimana dengan istri ke-4.......
lah,kalo begitu gimana kasian istrinya?
dan jelas pula bahwa hak istri pertama lebih banyak daripada istri ke-2....
lalu dimana kasiannya???

dan mengapa statment tutor saya seperti itu?karena kalo sang suami berpoligami tetapi tidak bisa adil menurut 4JJI ,maka dihari dibangkitkan nanti, dian akan dibangkitkan dengan -maaf- kemaluan yang terlepas-lepas....

nah,gimana gak enakan istri dan para akhwat2 sekalian?
istri yang ikhlas dipoligami bisa mendapatkan surga-Nya, tetapi tanggung jawab seorang suami yang berpoligami begitu berat...
(bahkan saya dengar bahwa, ada akhwat yang saat dilamar, bertanya dahulu kepada si ikhwan apakah mau berpoligami atau tidak, karena si akhwat maunya suami yang mau berpoligami...wah-wah...)

gimana juga dengan (alasan klasik sih), perbandingan wanita yang lebih banyak daripada pria?



ok,sekarang tampaknya sudah jelas *makza* ....sekarang seterah temen2 semua...




kesimpulannya adalah...

penentuan boleh tidaknya poligami jelas hukumnya BOLEH dan tidak perlu dipertanyakan!
tapi mengenai setuju tudak setujunya pengaplikasian poligami, terserah kepada pribadi masing2...
yang perlu dipermasalahkan adalah orang-orang yang melarang poligami....

dan menurut saya sendiri, selama sang istri pertama mengizinkan dan sang suami mampu, poligami gak perlu dipertanyakan...okeh....



~~untuk para akhwat, jangan khawatir, kebanyakan ikhwan yang menyatakan setuju poligami berkata tidak tahu akan berpoligami atau tidak, liat kondisinya nanti...~~





====================================================================



~~semoga bermanfaat, semoga....

EQ 171206

RELATED POSTS

5 comments

  1. eit.. bagus amet pemaparannya.

    tapi ya q, yaah diliat secara gw ce, siih.. tetep aja ada yg ngeganjel pas liat aa gym poligami. oke kalo dibilang itu bs ngebedain yg mana yg nyari ilmunya yg mana yg engga.

    tapiii,, kalo gw pikir sih.. ada baiknya lah, kalo dy ''mempertahankan'' org2 yg ikut pngajiannya dy. secara dy seorang da'i, yg tugasnya emang ngbuat orang ngeliat kebaikan dan keindahan islam,, ajaran yg dy dakwahin, dari diri dy sndiri. bukan, bukan berarti gw bilang poligami gak boleh, lho ya. tapi.. bukannya emang itu suatu topik yg bs nyudut2in, mempertanyakan/mragukan islam, ngjelek2in islam, di mata orang2 indonesia (islam maupun ngga)yg emang kebanyakan "gak paham". sayang aja gt q. mgkn dgn pngajian dy,, ada bnyk muslim indonesia yg jd pengen blajar lbh, lbh bijak, lbh 'islam'. tp krn itu, mereka pergi semua. dan ngajak org tu kan susah q,, tp wajib.
    apalagi waktu gw liat di tabloid teh ninih smpt blg "nyawa saya spt hampir tercabut mndgr aa mau nikah lagi",. secara dy istri ya pasti sakit lah, maklum. walopun mgkn kadar ikhlasnya ud maksimal. dan d tabloid lho q,, itu kan bikin org mikir beda, jauh, dan mgkn,, salah.
    tp skali lg lho,, apa yg ALLAH bilang slalu bener dan gak perlu dibantah. poligami? boleh. tapi ya itu ya, pria. bilang dulu ke istri kalo mau poligami,, pikirin mateng2,, bersikap yang bijak, adil.
    tp bener,, semua trgantung pribadi dan jg kondisinya.

    oke q.. slamet ud punya blog yg bagus lah.. banyak, panjang lg. salut saluut..

    BalasHapus
  2. syukron bwt komennya..


    iya,gw juga mulai berpikir nind, mungkin gw gak bakal bisa mengerti perasaan akhwat yang dipoligami,mungkin gw gak bakal tau gimana rasanya...

    y,banyak pemahaman yang beredar disana-sini, bener juga sangat disayangkan kalo santri2 Aa'Gym pada ilang,dan mungkin bakal banyak pandangan miring tentangnya...
    gw gak bisa jawab deh gimana tentang itu,
    semoga Aa'Gym udah memprediksikan hal itu dan mulai mencari solusinya...mungkin kita cuma bisa bantu do'a nind...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. maap,maap.
    semuanya..............

    waktu saya nulis postingan ini,saya memang belum menemukan seorang akhwatpun yang setuju mengenai poligami,
    tetapi sekarang saya sudah menemukan 1 orang yang setuju lowh..^.^...hhehe,jadi,ada lah gtu akhwat yang setuju..

    BalasHapus
  5. http://etikush.blogspot.com/2009/03/aq-ingindipoligami.html

    BalasHapus

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email