Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

do you know this?

18.16 Ecky A. 0 Comments Category :


dunia ini luas (makanya ada pepatah "dunia tak sekecil daun kelor", walaupun jujur, saya sendiri tidak tahu apa itu daun kelor, dan mengapa daun kelor yang dipakai untuk mengistilahkan kesempitan dunia, kenapa tidak "dunia tak sekecil gedebong pisang"..he...)
dan begitu banyak hal-hal di dunia ini yang belum kita ketahui...




pepatah bijak bilang, semakin kamu banyak memiliki ilmu, akan semakin sadar kamu bahwa masih banyak yang belum kamu ketahui...

maka di post kali ini (dan mungkin seterusnya) , saya akan coba post sedikit hal-hal yang cukup menarik yang saya rasa belum banyak diketahui orang...

dan semoga bermanfaat yowh..^.^



Tahukah Anda...
  • "... bahwa Rockwell Sayre dari Chicago mengklaim berhasil memusnahkan 7 juta kucing dalam tiga bulan pertama kampanyenya untuk membasmi kucing. Pada 1925 ia memperpanjang kampanyenya 10 tahun lagi, karena masih banyak kucing yang masih hidup. Tak lama kemudian ia sendiri meninggal dunia.(parah, kasian bgt kucingnya)"
  • "... bahwa nama tengah Presiden Harry S. Truman dari AS bukanlah singkatan? Karena itu, katanya, huruf S itu tidak boleh diikuti dengan titik. Namun dokumen-dokumen resmi dan perpustakaan kepresidenannya semua menggunakan titik setelah huruf S itu."
  • "... bahwa papan catur dengan kotak-kotak hitam-putih pertama kali muncul di Eropa pada 1090?"
  • "... bahwa pada tahun 1996 Vinay Bhat menjadi master catur termuda Amerika Serikat dalam usia 10 tahun 6 bulan? Rekor sebelumnya dipegang oleh Jordy Mont-Reynaud."
  • "Endless Beauty of Diversity" adalah slogan Indonesia untuk bidang Pariwisata dan hiburan?, slogan-slogan yang lain diantaranya :
  • Kacang mengandung lemak sebesar 50% dari beratnya
    Es Krim mengandung lemak sebesar 50% dari beratnya
    Cokelat mengandung lemak sebesar 40% dari beratnya
    Telur mengandung lemak sebesar 12% dari beratnya

    Sumber : Oxford Ensiklopedia Pelajar Jilid 4
  • tahukah kamu bahwa energi yang dihasilkan oleh satu biji kacang dapat mengaktipkan otak selama 1 jam.

    makan kacang yang banyak yah biar otak aktip terus Yiiihaaaa! tapi bukan berarti otak hanya buuh kacang loh...

    sumber : buku biologiku terbitan erlangga
  • Afinitas (kemudahan bereaksi) karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO) terhadap eritrosit lebih tinggi daripada afinitas oksigen (O2). Ini berarti bahwa peningkatan kadar CO2 dan CO di udara membahayakan kesehatan.

    Gas karbon monoksida (CO) yang tidak berwarna dan tidak berbau dapat mematikan. Gas sisa pembakaran ini dihasilkan oleh mesin-mesin pembakar yang kurang sempurna, misalnya mesin mobil dan diesel. Seringkali terjadi kematian karena menghidupkan mobil dengan kaca tertutup dengan AC mobil menyala. Gas CO masuk ke dalam mobil apabila terdapat kebocoran.

    Sumber : Buku Biologi Kls XI, Erlangga


  • tahukah kamu..?
    ternyata yg matanya "jelalatan" gak cuma kaum lelaki, perempuan juga, cuma mereka bisa melakukannya tanpa diketahui orang lain

    nih jelasnya,
    perbedaan "pandangan" pria dan wanita,

    pria : pandangan jauh tapi lingkupnya kecil
    (makanya pria lebih jago dalam berburu n nyetir mobil to aktivitas lain yg butuh penglihatan jauh kedepan, tapi klo soal nyari barang ( kyk nyari mentega to obat dilemari) akan kesulitan banget)

    wanita : pandangannya gak jauh tapi lingkupnya luas n melebar2
    (makanya wanita bisa mendadak seperti melakukan sulap dengan mudahnya ngambil mentega dilemari yg dengan susah payah dicari lelaki tapi gak ketemu juga, to seperti kalimat diatas, bisa ngeliat2 orang lain dijalan tanpa harus matanya tertuju pada yg mau dilihatnya)

    bener gak neeh para akhwat?

    (sumber : "why men don't listen and women can't read map")
  • KENAPA ADA SIANG dan MALAM

    Sudah sejak lama, manusia selalu mencoba mencari tahu setiap kejadian-kejadian nyata yang terjadi di sekelilingnya. Salah satu yang menjadi pertanyaan adalah tentang pergantian siang dan malam, dan kaitannya dengan perubahan musim yang berbeda di beberapa belahan bumi.

    Terjadinya siang-malam, berdasarkan penelitian para ahli, tidak lepas dari adanya perputaran bumi pada porosnya dan mengorbit pada matahari. Bumi membutuhkan waktu satu tahun atau 365 hari enam jam untuk membuat satu orbit matahari.

    Pada sisi lain, cahaya matahari tidak mampu menyinari seluruh isi bumi secara bersamaan. Ketika teman-teman berada di siang hari, berarti bagian bumi tempat kamu berpijak sedang menghadap matahari. Dan sebaliknya ketika malam tiba, saat bagian bumi yang kamu pijak itu sedang membelakangi matahari.


    Pergantian siang dan malam, terkait pula dengan pergantian musim. Pergantian siang dan malam di Indonesia selalu tetap dengan rata-rata perputaran 24 jam sehari. Sehingga di Indonesia, kita hanya mengalami dua musim, yakni panas dan dingin. Ini berbeda dengan yang terjadi di kutub maupun di sejumlah negara di belahan Eropa dan Amerika yang kadang-kadang mengalami panas berkepanjangan atau sebaliknya. Negara-negara yang dilalui garis khatulistiwa tidak akan pernah mengalami pergantian empat musim. Karena daerah khatulistiwa selalu menghadap ke arah matahari, maka daerah khatulistiwa selalu panas.

    Sementara, pergantian empat musim yakni musim dingin, gugur, semi dan panas, juga tidak lepas dari orbit bumi terhadap matahari dan putaran pada porosnya. Musim berganti selama sisi lain bumi condong atau jauh dari matahari. Apabila kutub utara condong ke matahari, belahan bumi bagian utara bertambah dekat dengan matahari dan terjadi musim panas. Sementara, belahan bumi selatan cenderung menjauh dari matahari dan terjadilah musim dingin.Begitu pula sebaliknya. Antara musim dingin dan musim panas di belahan bumi lain mengalami musim semi atau musim gugur. Di kutub utara, ketika pertengahan musim panas tiba, matahari akan terlihat sepanjang malam dan siang. Sedangkan ketika musim dingin datang, kita sama sekali tidak bisa melihat matahari.


    “Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.” (Q.S. Al Jaatsiyah, 45: 13)"

RELATED POSTS

0 comments

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email