Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

do you know this? vol.2

18.15 Ecky A. 0 Comments Category :


Ngelanjutin postingan do you know this...


  • Tahukah Anda...

    Istilah Inggris "mall" berasal dari istilah Perancis "maille", atau palu kayu bertangkai panjang yang digunakan untuk memukul bola dalam permainan croquet. Lalu, apa hubungannya antara palu dan berbelanja? Dahulu kala, di Itali, Inggris dan Perancis ada permainan sejenis croquet yang disebut "palle maille", artinya bola dan palu kayu. Permainan ini dimainkan di lorong atau jalan sepi yang tidak dilewati kendaraan. Orang mulai menyebut jalanan untuk bermain sebagai "pall malls". Para pengusaha menyadari bahwa para pemain mungkin akan membeli sesuatu untuk minum setelah mereka bermain, sehingga para pengusaha ini memutuskan untuk membuka toko di sepanjang tepi "pall malls". Akhirnya semakin banyak toko yang bergabung karena mereka berharap mendapat pembeli dari penonton yang datang menyaksikan permainan tersebut. Setelah beberapa waktu, tidak ada lagi yang memainkan permainan tersebut, tetapi tempat bermain yang teduh itu, yang disebut "malls", tetap dipenuhi oleh berbagai toko, dan orang-orang tetap senang berjalan-jalan dari satu toko ke toko yang lain.
  • Tahukah Anda...

    Laut yang airnya paling jernih di bumi terdapat di laut Weddell, yang terletak di lepas pantai Antartika, Kutub Selatan. Berdasarkan penelitian para ahli dari Institut Alfred Wegener pada tanggal 13 Oktober 1986, sebuah piringan bernama Secchi Disk yang telah ditenggelamkan hingga kedalaman 262 feet atau sama dengan kedalaman 79,8 meter, masih dapat terlihat jelas dari permukaan. Tingkat kejernihan seperti ini hanya mungkin dicapai oleh air suling murni.
  • Tahukah Anda...

    Andrew Carnegie, salah seorang terkaya Amerika Serikat pada masanya, mengidap alergi psikologis terhadap uang segera setelah ia semakin kaya dan tua. Ia merasa jijik melihat ataupun menyentuh uang, dan itu sebabnya kemanapun ia pergi tidak pernah membawa uang. Karena "penyakit"nya ini suatu saat ia pernah diusir dari trem di London karena tidak membawa uang untuk membayar karcis.
  • Tahukah Anda...

    Sang mega star komponis Jerman, Richard Wagner senantiasa dirundung angka 13! Jumlah huruf nama Richard Wagner sendiri sudah 13, dilahirkan pada tahun 1813, yang apabila keempat angkanya dijumlah juga menjadi 13. Penampilan perdana Wagner di depan publik terjadi pada tahun 1831, yang apabila segenap angkanya dijumlahkan, lagi-lagi menjadi 13. Salah satu opera akbarnya, Tannhaeusser, dirampungkan 13 April 1845, lalu dipergelarperdanakan di Paris tanggal 13 Maret 1861 (1 x 8 + 6 - 1 = 13)!. Tanggal 13 Agustus 1876 (7 + 6 = 13), pertama kali Wagner mulai mempergelarkan mega-siklus "Ring of The Nibelungen". Wagner sempat diangkat menjadi direktur Teater Riga yg resmi dibuka pd tgl 13 Sept. Opera maha karya Wagner seluruhnya berjumlah 13. Karena alasan politis, Wagner meninggalkan tanah airnya selama 13 tahun, dan meninggal dunia pada tanggal 13 Februari 1883, yang kebetulan merupakan tahun ke-13 berdirinya Federasi Jerman baru. Kendati demikian, tidak bisa dikatakan bahwa semasa hidup Richard Wagner, yang kini dijunjung tinggi sejajar dgn Bach, Bethoven, atau Brahms, selalu dirundung sial belaka.
  • Tahukah Anda...

    Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah tahun 1799 bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan Perancis, ketika Perancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon sedang terserang influenza Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat, ia mengatakan "Ma sacre toux" ("Batuk sialan"). Perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan "Massacrez Tous" ("Bunuh Semua"). Akibatnya, seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh. Hanya karena batuk sang jenderal.
  • Tahukah Anda...

    Oscar, patung emas berbentuk ksatria yang sedang berdiri di atas gulungan film, adalah piala yang dimenangkan oleh para bintang film dalam upacara tahunan Academy Awards.Tapi mengapa patung itu dinamakan Oscar? Piala tersebut sebetulnya tidak mempunyai nama sampai tahun 1931. Pada tahun 1931, Oscar Pierce, seorang petani Texas yang kaya, tanpa disangka-sangka "tampil". Keponakan perempuan-nya adalah seorang penjaga perpustakaan pada Academy of Motion Pictures Arts and Sciences. Suatu hari ia sambil lalu mengatakan bahwa patung ksatria itu mirip dengan pamannya, Oscar. Seorang wartawan surat kabar kebetulan mendengar komentar-nya dan menerbitkan sebuah cerita, dengan menyebutkan bahwa "karyawan-karyawan memberi julukan patung terkenal itu dengan nama "Oscar". Sejak itu nama Oscar menjadi resmi dan digunakan terus.
  • Tahukah Anda...

    Suatu hari, Presiden Theodore Roosevelt pergi berburu. Seekor beruang tertangkap dan diikat agar presiden dapat menembaknya, namun Presiden Roosevelt tidak mau membunuh beruang itu. Kisah ini menjadi terkenal ketika dilaporkan di surat kabar dan digambar dalam bentuk kartun. Seorang laki-laki bernama Morris Michtom memiliki toko permen dan alat-alat tulis. Istrinya yang bernama Rose kadang-kadang membuat boneka beruang kecil yang diletakkan di jendela toko mereka. Morris melihat kartun beruang di koran dan mendapatkan ide. Dia minta istrinya membuat beberapa beruang khusus seperti yang ada dalam gambar kartun itu. Lalu Morris menulis surat yang ditujukan ke Gedung Putih, menanyakan apakah beruang baru itu boleh diberi nama seperti nama Presiden. Presiden membalas surat itu, "Saya pikir nama saya tidak begitu berharga dalam bisnis beruang, tapi anda boleh saja menggunakannya." Maka Morris meletakkan beruang-beruang baru itu di jendela tokonya, di sebelah gambar kartun. Boneka beruang itu dinamai dengan nama panggilan Presiden Roosevelt, Teddy. Dan sampai sekarang boneka beruang tersebut terkenal dengan nama "Teddy Bear".
  • Tahukah Anda...

    Thomas Farnham, seorang pengelana Amerika, menuliskan bahwa saat mendekati kota Santa Fe di tahun 1839 ia menyaksikan kawanan bison yang bergerak tak habis-habisnya selama tiga hari tiga malam. Diperkirakan kawanan bison ini terdiri dari 1 juta ekor bison yang bergerak bersama dalam kerumunan seluas 1.350 mil persegi. Luas yang sama dengan satu negara bagian Rhode Island. Sangat mengherankan bahwa kurang dari seabad berikutnya, bison hampir saja punah dari daratan Amerika.
  • Tahukah Anda...

    Nama warna Magenta berasal dari nama sebuah pertempuran antara tentara Perancis dan Sardinia melawan tentara Austria di tahun 1859. Pertempuran tersebut berlangsung di sebuah tempat yang bernama "Magenta".
    Setelah pertempuran usai, warna campuran antara merah dan ungu ditiru oleh para ahli kimia Perancis untuk menggambarkan warna darah yang mengering. Dan untuk mengenang pertempuran yang terjadi, warna baru itu diberi nama warna Magenta.
  • Tahukah Anda...

    Boerhaave, seorang dokter Belanda dan penulis buku "Elementa Chemiae", meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dgn judul "The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art" (Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam Seni Pengobatan). Buku tersebut dilelang, dan sang pemenang lelang yg telah mengeluarkan uang senilai $ 20.000 dlm emas membawa plg buku itu. Saat segel dibuka, ia menemukan bahwa 99 dari 100 halaman buku itu adalah kosong. Selain sampul depan, cuma terdapat tulisan pendek: "Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, & kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin"
  • Tahukah Anda...

    Untuk mencetak satu edisi Sunday Edition koran "The New York Times", diperlukan kertas yang berasal dari kira-kira 63.000 batang pohon. Harap dimaklumi, satu edisi "The New York Times" terdiri dari puluhan halaman dengan rata-rata satu edisi lengkap mencapai berat satu kilogram. Selain itu, harian "The New York Times" juga termasuk surat kabar terbesar di Amerika Serikat, dengan tiras 1,1 juta exemplar.
  • Tahukah Anda...

    Di usia 25 tahun, ia dipecat dari ketentaraan, selain itu ia telah dipermalukan, patah semangat, tanpa harapan, tanpa uang. Di ujung semua itu, dia berniat bunuh diri dengan meloncat dari sebuah jembatan. Namun sebelum niat tersebut terjadi, seorang teman datang dan membujuknya untuk membatalkan niat tersebut. Sang pemuda pun membatalkan bunuh diri, dan memulai hidup baru. Hanya dalam waktu setahun setelah rencana bunuh diri itu, ia berhasil meniti kembali karir militernya yang telah hancur, dan berhasil menjadi jenderal termuda dalam Dinas Ketentaraan Perancis. Kemenangan besar dapat dicapainya justru saat ia memimpin prajurit-prajurit lelah yang kelaparan (dimasa inilah ia berkata "prajurit berjalan di atas perutnya"). Di kemudian hari ia menaklukkan seluruh Eropa daratan. Ia adalah Napoleon Bonaparte.
  • Tahukah Anda...

    Sheik Shakhbut, bekas pemimpin Abu Dhabi, adalah salah satu dari beberapa pemimpin Arab yang mendapat rejeki nomplok saat ditemukannya sumber minyak di jazirah Arab. Namun penduduk Abu Dhabi selalu merasa heran, karena walaupun minyak telah disedot sedemikian banyaknya, uang yang dihasilkan dari penjualan minyak bumi itu tidak kelihatan 'jejaknya'. Maka terjadilah perebutan kekuasaan, dan Sheik Shakhbut dapat digulingkan dari kekuasaannya. Selanjutnya, sebuah komisi dibentuk untuk mencari kemana perginya uang hasil minyak Abu Dhabi. Dari istana kerajaan terbongkarlah sebagian misteri ke mana 'perginya' uang-uang itu. Selama pemerintahannya Sheik Shakhbut telah menyembunyikan uang-uang hasil penjualan minyak itu di seluruh bagian istananya, mulai dari di bawah kasur, lemari, karpet dan
    tempat-tempat lain. Sulit untuk dihitung berapa banyak yang disembunyikan Sheik Shakhbut, namun sebagai gambaran saja, terdapat kira-kira uang kertas senilai 2 Juta Dollar yang telah rusak dimakan tikus...
  • Tahukah Anda...

    Di tahun 1823, Richard Dodd meminjam buku tentang penyakit Febrile dari perpustakaan University of Cincinnati Medical Library. Entah karena apa, buku terlupakan baik oleh Richard Dodd ataupun oleh pengurus perpustakaan. Dan waktupun terus berlalu.Tanggal 7 Desember 1968, cucu dari Richard Dodd mengembalikan buku itu ke perpustakaan Universitas Cincinnati. Buku yang terlambat dikembalikan selama 145 tahun itu seharusnya dikenakan denda sebesar $ 2.264, namun pengelola perpustakaan menghapus denda itu.
  • Tahukah Anda...

    Kota yang disebut dengan "Athena di Timur" yaitu Cordoba, yang berada di Andalusia, tempat orang-orang Arab berhasil menaklukkan Spanyol, pada tahun 900 M telah memiliki sebuah
    perpustakaan dengan koleksi sebanyak 400.000 buku. Kota itu juga telah memiliki setengah juta penduduk dengan jalan-jalan lebar yang telah diperkeras. Diwaktu yang sama, kota Paris saat itu masih berupa kumpulan kampung-kampung kumuh, sedangkan London masih membangun benteng-benteng kayu
    untuk menghadapi serbuan orang-orang Viking.
  • Tahukah Anda...

    Bobby Leech menjadi orang pertama yang dapat lolos dari maut saat terjun dari air terjun Niagara dalam sebuah gentong di tahun 1911. Atraksi ini demikian hebat. Ia menjadi sangat terkenal dan diundang berkunjung ke seluruh penjuru untuk menceritakan pengalamannya. Ketika berada di Selandia Baru, saat ia disambut oleh para penggemarnya, secara tidak sengaja Bobby Leech menginjak kulit pisang dan jatuh terpeleset. Ia kemudian meninggal dunia beberapa waktu kemudian, karena geger otak.
  • Tahukah Anda...

    Pernikahan aktor Hollywood, Rudolph Valentino dengan aktris Jean Acker, sebagaimana layaknya pernikahan kaum selebritis, berlangsung meriah di Hollywood tanggal 5 November 1919. Namun terdapat hal yang sangat luar biasa terjadi setelah pernikahan itu. Pernikahan pertama Rudolph Valentino itu berakhir enam jam kemudian. Pengantin baru itu sepakat untuk bercerai di pagi hari setelah malam pertama mereka.
  • Tahukah Anda...

    Harland D. Sanders ketika itu telah berusia 66 tahun, dan ia tidak mempunyai apa-apa yang dapat dibanggakan. Satu-satunya harta paling bernilai yang dimilikinya adalah resep rahasia yang diberi nama "ayam goreng Kentucky". Menjelang tahun 1956, Sanders berhasil meyakinkan beberapa restoran guna memasak dan menjual "ayam goreng Kentucky", dan memberinya US 4 sen sebagai royalti untuk setiap potong ayam goreng yang terjual. Gembira dengan kesuksesan yang diperoleh, Sanders lalu memuati mobil pikap model 1946 miliknya dengan 50 resep ramuan bumbu, dan sebuah periuk untuk ditawarkan kepada beberapa orang yang mau membeli waralaba resepnya. Menjelang tahun 1960, sebanyak 400 buah restoran di Amerika dan Kanada telah menyediakan "ayam goreng Kentucky". Dalam waktu 4 tahun, jumlah tempat jualan "ayam goreng Kentucky" telah meningkat menjadi 650 restoran dengan omset penjualan
    per tahun bernilai US$37 juta. Saat ini terdapat lebih 10.000 restoran "ayam goreng Kentucky" di seluruh dunia dengan lebih dari 200.000 karyawan dan omset penjualan per tahunnya lebih dari US$8.2 milyar.
  • Tahukah Anda...

    Di bawah ini ada sebuah daftar kegagalan dari orang yang semasa hidupnya mengalami banyak tantangan dan badai.1831 - ia mengalami kebangkrutan dalam usahanya.1832 - ia menderita kekalahan dalam pemilihan tingkat lokal. 1833 - ia kembali menderita kebangkrutan. 1835 - istrinya meninggal dunia. 1836 - ia menderita tekanan mental sedemikian rupa, sehingga hampir saja masuk rumah sakit jiwa. 1837 - ia menderita kekalahan dalam suatu kontes pidato. 1840 - ia gagal dalam pemilihan anggota senat Amerika Serikat. 1842 - ia menderita kekalahan untuk duduk di dalam kongres Amerika Serikat. 1848 - ia kalah lagi di konggres Amerika Serikat. 1855 - ia gagal lagi di senat Amerika Serikat. 1856 - ia kalah dalam pemilihan untuk menduduki kursi wakil presiden Amerika Serikat. 1858 - ia kalah lagi di senat Amerika Serikat. 1860 - ia akhirnya menjadi presiden Amerika Serikat. Siapakah dia? Namanya ialah Abraham Lincoln. Kalau orang lain yang mengalami demikian banyak kegagalan mungkin ia sudah mundur secara teratur. Tetapi Lincoln maju terus, kata mundur sama sekali tidak ada di otaknya. Akibatnya ia kemudian mencapai suatu sukses yang luar biasa.
  • Tahukah Anda...

    Undang-undang Sekolah tahun 1647 di Massachussets mewajibkan bahwa setiap desa dengan penduduk di atas 50 kepala keluarga harus membangun sebuah sekolah, atau menghadapi denda sebesar 5 pound. Dari undang-undang inilah berkembang sekolah dasar di Amerika Utara, dan terbentuk "gerakan wajib belajar" pertama di dunia.





====================================================================




Jazakallah bwt myquran.com
bluepurple










see you....semoga bermanfaat...

RELATED POSTS

0 comments

Terima kasih atas apresiasinya :)
Klik beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar selanjutnya via email